kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebaran 2021, Menkominfo ajak masyarakat silahturahmi secara digital


Kamis, 13 Mei 2021 / 06:54 WIB
Lebaran 2021, Menkominfo ajak masyarakat silahturahmi secara digital
ILUSTRASI. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1442 Hijriah. Johnny juga mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi digital untuk bersilaturahmi dalam rangka Idul Fitri. 

"Selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah untuk seluruh umat Islam di Indonesia. Di masa pandemi Covid-19 ini mari gunakan jaringan telekomunikasi dengan bijak untuk bersilaturahmi digital dengan kerabat handai taulan, merekatkan persaudaraan dan persatuan NKRI," kata dia dikutip dari tayangan YouTube Kominfo TV, Kamis (13/5). 

Johnny melanjutkan, Idul Fitri adalah hari yang suci penuh sukacita bagi umat Islam. Setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah Ramadhan, Idul Fitri juga menjadi momen silaturahmi penuh kedamaian dan saling mengasihi. 

"Minal aizin wal faizin mohon maaf lahir dan batin," tambahnya. 

Baca Juga: Jokowi: Di hari kemenangan ini jadi momentum untuk bangkit dan menang lawan pandemi

Melalui Sidang Isbat, Kementerian Agama menetapkan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5). Namun, pelaksanaan shalat Idul Fitri harus mempertimbangkan zonasi risiko penularan Covid-19 di daerah masing-masing. 

Bagi masyarakat yang berada di zona merah dan oranye diwajibkan melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah. Kawasan zona merah memiliki risiko penularan Covid-19 yang tinggi. 

Sementara zona oranye berisiko sedang. Sedangkan, Shalat Idul Fitri secara berjemaah di masjid atau lapangan terbuka dapat dilaksanakan di daerah dengan risiko penularan rendah (zona kuning) dan kawasan yang belum terpapar Covid-19 (zona hijau). 

Akan tetapi, pelaksanaan shalat di zona kuning dan hijau harus tetap mematuhi protokol kesehatan. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Idul Fitri 1442 H, Menkominfo Ajak Masyarakat Silaturahmi Secara Digital".

Selanjutnya: Gubernur Anies: Malam takbiran di DKI berjalan aman dan tanpa kerumunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×