kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kubu Prabowo diharapkan jadi oposisi pemerintah agar demokrasi sehat


Senin, 12 Agustus 2019 / 10:00 WIB

Kubu Prabowo diharapkan jadi oposisi pemerintah agar demokrasi sehat
ILUSTRASI. Capres Prabowo Subianto berziarah ke TMP Seroja

KONTAN.CO.ID -  BANDUNG. Dewan Pimpinan Nasional Relawan Seknas Jokowi berharap kubu pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang telah ditetapkan kalah dalam sidang sengketa Pilpres 2019 lalu tetap memilih menjadi oposisi pemerintah.

“Keberadaan oposisi justru menyehatkan demokrasi. Tidak bisa dibayangkan bagaimana sebuah pemerintahan tanpa oposisi. Tanpa oposisi, demokrasi seolah mati suri, karena tidak ada kontrol terhadap rezim yang sedang berkuasa. Oleh karena itu, oposisi tetap dibutuhkan,” kata Pimpinan Kolektif DPN Seknas Jokowi, Dono Prasetyo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (12/8).

Dono menambahkan, kubu pendukung Prabowo-Sandiaga yang sebelumnya diasumsikan sebagai calon oposisi ternyata lebih memilih merapat masuk ke pemerintahan. Hal ini bisa dipastikan bahwa politik di Indonesia menjadi kurang dinamis.

“Mungkinkah citra oposan yang selama ini dibangun, lebih untuk memperkuat posisi tawar memburu jabatan, hanya mereka lah yang tahu,” sambung Dono.

Selain berpengaruh terhadap kondisi politik, Dono menilai keberadaan oposisi di dalam pemerintahan bakal memperlambat jalannya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Bagi penguasa, keberadaan oposisi bisa jadi seperti kerikil dalam sepatu. Namun kerikil itu harus kita tafsirkan secara positif, bahwa itu adalah catatan bagi rezim yang sedang berkuasa. Tanpa kerikil atau kontrol, rezim yang sedang berkuasa memiliki ruang untuk bertindak sewenang-wenang-wenang, ini yang perlu kita cegah,” ungkapnya.

Dono menjelaskan, demokrasi membutuhkan satu hal prinsip, yakni eksekutif dan legislatif yang sama-sama kuat. Lembaga legislatif yang kuat, tambah dia, hanya terjadi jika ada partai oposisi yang signifikan.

Menurut Dono, partai oposan dibutuhkan utamanya untuk mengawal wacana kepentingan rakyat banyak, seperti soal pasokan listrik.

Pemadaman listrik secara masif seperti yang terjadi kemarin dinilai bisa menjadi ruang bagi oposisi untuk mempersoalkanya.

“Salah satunya mendorong dibentuknya tim investigasi independen. Pesan saya, jangan ragu bila memang berniat untuk menjadi oposan,” tandasnya.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Kubu Prabowo Diharapkan Tetap Jadi Oposisi agar Demokrasi Sehat


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1487

Close [X]
×