kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Krakatau Semen Indonesia genjot produksi semen slag


Kamis, 21 Maret 2019 / 20:57 WIB
Krakatau Semen Indonesia genjot produksi semen slag


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Krakatau Semen Indonesia (KSI) mulai memproduksi produk semen eco-friendly serta bernilai ekonomis untuk konstruksi yaitu ground granulated blast furnace slag (GGBFS) atau semen slag. Direktur Utama PT Krakatau Semen Indonesia Bambang Tridoso Oktanto menyampaikan pihaknya memproduksi produk ini pada pertengahan tahun lalu.

Sebagai informasi, dalam catatan Kontan, Krakatau Semen Indonesia merupakan perusahaan patungan antara PT Krakatau Steel Tbk dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Keduanya menanamkan investasi hingga Rp 440 miliar di awal tahun 2013 untuk membangun pabrik ini.

Sejauh ini, KSI memasarkan produk semen eco-friendly ke wilayah Jabodetabek ataupun Banten. Nah pada tahun ini sementara KSI berencana meningkatkan produksi. Pabrik saat ini memiliki kapasitas sebesar 690.000 metrik ton per tahun. “Kini tingkat utilisasinya masih di bawah 50%,” ujar Bambang, Kamis (21/3).

Pada tahun ini, KSI bakal menggenjot produksi hingga di atas 500.000 ton. Pada tahun lalu mereka berhasil memproduksi dan menjual GGBFS seberat 200.000 ton. Bambang bilang, seiring dengan rencana peningkatan produksi, mereka juga menyusun beberapa strategi yang utamanya adalah mengenalkan produk ini pada pelanggan.

Ia mengaku selama satu tahun mereka memproduksi GGBFS, KSI mendapat sambutan yang baik dari pelaku industri. Dengan adanya peningkatan produksi semen slag mereka juga berharap pendapatan pada tahun ini akan terkerek. Sayangnya ia belum dapat menyebutkan target pendapatan yang diincar. Yang pasti, kini mereka tengah berikhtiar untuk memperbesar pangsa pasar dan lebih gencar dalam mengenalkan produk tersebut.

Bahan baku pembuatan semen slag ini memanfaatkan limbah granulated slag yang dihasilkan oleh blast furnace PT Krakatau Posco. Nantinya bila blast furnace di PT Krakatau Steel Tbk selesai, maka akan menambah pasokan bahan baku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×