KPK tahan bupati Jepara, wakilnya ditunjuk jadi pelaksana tugas

Selasa, 14 Mei 2019 | 16:55 WIB Sumber: Kompas.com
KPK tahan bupati Jepara, wakilnya ditunjuk jadi pelaksana tugas


KPK - SEMARANG. Wakil Bupati Jepara, Jawa Tengah, Dian Kristiandi segera ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Jepara menggantikan Ahmad Marzuki, yang ditahan KPK dalam kasus dugaan suap kepada hakim. Dian akan menjalankan tugas sehari-hari sebagai bupati.

"Nanti Wakil Bupati otomatis menjadi pelaksana tugas (Plt). Undang-undang memang mengatur seperti itu," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di ruang kerjanya, di Semarang, Selasa (14/5).

Pihaknya telah berkomunikasi dengan Wakil Bupati Jepara untuk melanjutkan tongkat kepemimpinan di daerah. Hal itu dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat setempat tidak berhenti karena adanya kepala daerah yang tersangkut kasus hukum. Ganjar meminta pelayanan publik di Jepara berjalan normal.

"Saya sudah komunikasi dengan Wakil Bupati agar segera mengambil langkah-langkah pengelolaan pemerintahan. Biar tidak terjadi kebingungan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan," ujar dia.

"Jadi, nanti jalan saja, seperti dulu kejadian (OTT) di Kota Tegal, Kebumen, Purbalingga," tambah dia.

KPK sendiri menahan Bupati Jepara Achmad Marzuqi pada Senin (13/5/2019) kemarin. Bupati dua periode itu diduga melakukan suap dalam sidang praperadilan kepada hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Lasito.

Diduga, Marzuqi memberikan uang suap sebesar Rp 700 juta kepada Lasito. Uang diberikan dua tahap, yaitu Rp 500 juta dan Rp 200 juta dalam uang pecahan dollar Amerika Serikat. (Nazar Nurdin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Jepara Ditahan KPK, Wabup Jadi Pelaksana Tugas"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru