kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KKP dorong penelitian pengembangan perikanan berkelanjutan


Senin, 24 September 2018 / 15:43 WIB
KKP dorong penelitian pengembangan perikanan berkelanjutan
ILUSTRASI. Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong penelitian dalam bidang ekonomi sosial dan perikanan yang diharap bisa jadi bagian dari keberlanjutan perikanan. Penelitian sosial ekonomi memiliki peran strategis karena menghasilkan rekomendasi kebijakan dan analisis sosial ekonomi di bidang kelautan dan perikanan. 

"Melalui Seminar Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (Semnas Sosek KP) 2018, saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat pada terciptanya sinkronisasi dan harmonisasi penelitian sosial ekonomi kelautan dan perikanan sebagai bentuk dukungan pencapaian keberhasilan pelaksanaan pembangunan kelautan dan perikanan. Memfasilitasi kemitraan dan kerjasama antara peneliti, mahasiswa, akedemisi, praktisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sektor kelautan dan perikanan dan pembuat kebijakan," kata Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja, dalam keterangan resminya Senin (24/9).

Dalam seminar ini juga akan dipaparkan hasil penelitian sosial ekonomi oleh peneliti, praktisi, akademisi dan pemerhati sosial ekonomi kelautan dan perikanan yang terbagi dalam empat sub tema. Pertama, pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan, yang akan memfasilitasi paparan dan makalah tentang dinamika sumber daya kelautan dan perikanan, tata kelola sumber daya kelautan dan perikanan, valuasi sumber daya kelautan dan perikanan dan kebijakan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Kedua,pengembangan usaha, pemasaran dan perdagangan, yang akan memfasilitasi paparan dan makalah tentang kelembagaan usaha, pemasaran, rantai nilai, rantai pasok, analisa usaha, nilai tukar, ekonomi makro, kebijakan.

Ketiga, pemberdayaan dan kesejahteraan perikanan skala kecil, yang akan memfasilitasi paparan dan makalah Nilai Tukar, hukum, kebijakan, RBFM, pemberdayaan masyarakat, resiliensi masyarakat, keberlanjutan mata pencaharian, gender, kearifan lokal, kebijakan.

Keempat, konservasi, wisata bahari dan perubahan iklim, yang akan memfasilitasi paparan dan makalah tentang Kelembagaan konservasi, budaya maritim, antropologi maritim, perubahan iklim (adaptasi, resiliensi, dampak ekonomi) , kebijakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×