kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,40   2,76   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepala BKF: Kita harus mencari keseimbangan kadang gas, kadang rem


Kamis, 17 Juni 2021 / 13:39 WIB
Kepala BKF: Kita harus mencari keseimbangan kadang gas, kadang rem
ILUSTRASI. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Nathan Kacaribu


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio N. Kacaribu mengatakan, pertumbuhan ekonomi di 2021 lebih baik dibandingkan 2020. 

Menurutnya ada beberapa indikator yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi tersebut, yakni tingkat keyakinan konsumen, mulai dari segi retail atau eceran, juga penjualan otomotif. Febrio berharap peningkatan tersebut menjadi lebih baik di kuartal III dan IV.

Dari sisi produksi Febrio melihat adanya optimisme yang lebih tinggi. Misalnya seperti manufaktur di Indonesia yang secara konsisten sudah meningkatkan order inputnya.

 Selanjutnya dari segi konsumsi listrik oleh bisnis dan oleh industri juga sudah semakin meningkat apabila dibandingkan dengan tahun 2020.

“Kita harus mencari keseimbangan kadang kita gas kadang kita rem. Karena kita menyadari bahwa saat ini kita sedang mengalami peningkatan jumlah kasus untuk Covid-19 setiap harinya. Oleh karena itu kita harus selalu waspada dan hati-hati sekali untuk selalu menjaga angka imbang yang pas, kapan risiko meningkat kita rem sedikit dan seterusnya,” ujar Febrio dalam acara “Boosting the Recovery” oleh The World Bank, Kamis (17/6).

Baca Juga: Bank Dunia sebut Indonesia kekurangan lapangan kerja kelas menengah

Akan tetapi, menurut Febrio, tetapi terlepas dari semua resiko yang ada harus tetap dibarengi dengan kehati-hatian. Dirinya melihat ada tingkat rebound di 2021. Estimasi pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini masih sekitar 4,5% dan tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) cukup baik.

Tantangannya pertumbuhan ekonomi masih sangat kuat saat pandemi ini. Febrio berharap vaksinasi covid-19 harus terus berjalan dengan sangat cepat dan tenaga kesehatan harus terlindungi dan pastikan mereka  melakukan pekerjaan aman dan berhati-hati.  Jika semuanya berjalan dengan baik maka Indonesia bisa melewati masa pemulihan.

Febrio juga berharap adanya vaksinasi tahap ke-3 ini semoga bisa menjangkau masyarakat luas. Dia menghimbau agar semua masyarakat dari usia 18 ke atas untuk mendatangi pusat vaksinasi terdekat.

“Mudah-mudahan bersama-sama pemerintah bisa bekerja dengan sangat keras dan kita semua juga dapat memastikan bahwa kita bisa keluar dari pandemi ini dengan aman,” sambung Febrio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×