kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkop UKM dorong UMKM manfaatkan ponsel


Sabtu, 09 Desember 2017 / 12:52 WIB
Kemenkop UKM dorong UMKM manfaatkan ponsel


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) meminta pelaku usaha khususnya sektor UMKM dan Koperasi supaya melek terhadap teknologi informasi. Di era digitalisasi, teknologi informasi merupakan sebuah keharusan bila UMKM dan koperasi ingin berkembang dan meningkatkan produktivitasnya.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Permodalan Luhur Pradjarto, dalam acara Pembekalan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula dengan tema “Marketing Zaman Now” di Siak Sri Indrapura, Siak, Provinsi Riau.

Luhur mengatakan permodalan memang diperlukan untuk membiayai suatu kegiatan usaha KUMKM. Namun apabila modal yang dimiliki tidak dikelola dengan baik dan memasarkan produk hanya di pasaran lokal, maka omzet yang diperoleh tidak akan maksimal.

Menurut Luhur pengelolaan modal dan cara pemasaran yang jitu akan mempercepat perputaran modal. Handphone misalnya yang banyak dimiliki wirausaha merupakan sarana yang tepat untuk memasarkan produk secara online.

“Melalui pemasaran online inilah produk-produk UMKM dapat dikenal oleh masyarakat, tidak hanya di Kabupaten Siak tetapi juga seluruh dunia,” kata Luhur dalam keterangan tertulis kepada Kontan.co.id pada Sabtu (9/12).

Oleh karena itu, tegas dia pembekalan ini harus ditindaklanjuti oleh Dinaskop dan UMKM Kabupaten Siak dalam bentuk diklat maupun bimbingan teknis (bimtek). Sementara soal materi-materi yang diberikan dalam diklat maupun bimbingan teknik bisa disesuaikan.

“Misalnya terkait dengan pembukuan, pengembangan bisnis, teknik penyusunan proposal, maupun pembentukan jaringan usaha,” pungkas Luhur.

Pendapat yang sama juga disampaikan Rubiati, Staf Ahli Bupati Siak Bidang Ekonomi. Di mana ia mengatakan bahwa UMKM harus mampu berkembang di era digitalisasi. Teknologi merupakan bagian pokok bagi pelaku usaha.

“Konsumen pun sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk memesan produk dengan cara online,” papar Rubiati yang dalam kesempatan itu mewakili Bupati Siak.

Acara pembekalan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Siak bekerja sama dengan PT Bumi Siak Pusako, yang dihadiri SKPD terkait, Camat, anggota komisi II DPRD Kabupaten Siak dan sekitar 150 Wirausaha Pemula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×