kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.960
  • EMAS705.000 1,15%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Kejagung selesaikan gelar perkara dugaan korupsi Semen Padang (Disertai Hak Jawab)*


Kamis, 06 Desember 2018 / 21:14 WIB

Kejagung selesaikan gelar perkara dugaan korupsi Semen Padang (Disertai Hak Jawab)*
ILUSTRASI.

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Warih Sadono bilang, pihaknya telah merampungkan gelar perkara terkait dugaan korupsi di PT Semen Padang (persero).

"Tahapannya baru selesai melakukan ekspose (gelar perkara)," kata Warih kepada Kontan.co.id Kamis (6/12).


Meski demikian, Warih enggan memberi penjelasan lebih lanjut soal hasil gelar perkara, termasuk soal status penyelidikan.

"Nanti kita rilis ke pusat penerangan hukum (Puspenkum) kalau prosesnya sudah tuntas ke Puspenkum," sambungnya.

Dugaan korupsi di Semen Padang bermula dari laporan para pekerjanya terkait pembelian batubara dari PT Sinar Bentala Abadi.

Batubara yang dibeli dari Sinar diduga berkualitas rendah sehingga berpotensi merugikan keuangan negara hingga Rp 2,5 miliar.

Terkait hal ini, awal Oktober lalu, Kejagung juga telah meminta keterangan Direktur Utama Semen Padang Yosviandri.

Terhadap pemberitaan ini, pihak Semen Padang menyampaikan keberatannya. Selama tahun 2018 PT Semen Padang tidak pernah menjalani pemeriksaan di Kejagung RI berkaitan dengan pembelian batubara dari PT Sinar Bentala Abadi.

Semen Padang juga mengungkapkan bahwa selama tahun 2018 Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri tidak pernah dipanggil pemeriksaan di Kejagung. Semen Padang juga menyampaikan bahwa PT Sinar Bentala Abadi bukan merupakan vendor PT Semen Padang.
 
*Update (19/12/2018, 20:30 WIB)

Redaksi Kontan.co.id telah menerima surat hak jawab dari Semen Padang terhadap artikel di atas. Mempertimbangkan tambahan informasi yang berasal dari hak jawab tersebut, redaksi Kontan.co.id melakukan pembaruan isi berita. Pembaruan tersebut meliputi:

1. Judul semula "Kejagung Selidiki Dugaan Korupsi Semen Padang" diubah menjadi "Kejagung selesaikan gelar perkara dugaan korupsi Semen Padang" untuk lebih menggambarkan isi pemberitaan. 
2. Penambahan dua paragraf terakhir berdasarkan informasi yang termuat dalam hak jawab yang disampaikan oleh Semen Padang.

Redaksi Kontan.co.id mengucapkan terimakasih dan minta maaf terkait koreksi tersebut.


Surat Hak Jawab Semen Padang:

Kepada Yth:
Media Online Kontan.co.id
di Jakarla
U.p.: Ardian Caufik.Gesuri
Pimpinan Redaki

Dengan hormat,

Sehubungan pemberitaan media online Kontan.co.id, pada hari Kamis, tanggal 6 Desember 2018, pukul 2l:14 WIB, yang berjudul "Kejagung Selidiki Dugaan Korupsi Semen Padang" (selanjutnya disebut "Berita Online Kontan Tanggal 6 Desember 2018"), dengan ini kami mengajukan hak jawab berdasarkan pasal 1 angka 11 Jo. Pasal 5 ayat (2) Undang-UndangNomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers (selanjutnya disebut "UU Pers") Jo. Pasal 11 Kode Etik Jurnalistik berdasarkan Peraturan Dewa Pers Nomor 6l Peraturan-DPlV12008 tentang Pengesahan Surat Keputusan Dewan Pers No. 03/SKDP111112006 tentang Kode Etik Jumalistik Sebagai Peraturan Dewan Pers (selanjutnya disebut "Kode Etik Jurnalistik").

Adapun hal-hal yang perlu kami sampaikan adalah sebagai berikut:

1. Bahwa Berita Online Kontan Tanggal 6 Desember 2018, pada pokoknya memuat tentang:
(i) Dugaan korupsi di PT Semen Padang berawal dari laporan para pekerjanya terkait pembelian batubara dari PT Sinar Bentala Abadi; 
(ii) Batubara yang dibeli dari PT Sinar Bentala Abadi diduga berkualitas rendah sehingga berpotensi merugikan keuangan negara hingga Rp 2.500.000.000,- (dua milyar lima ratus juta Rupiah).
(iii) Pada awal bulan Oktober 2018, Kejaksaan Agung Republik Indonesia (selanjutnya disebut "Kejagung RI") telah meminta keterangan Direktur Utama PT Sernen Padang Bapak Yosviandri.

2. Bahwa berdasarkan uraian butir 1 di atas, maka kami ingin meluruskan pemberitaan yang tidak benar dan keliru sebagaimana termuat dalam Berita Online Kontan Tanggal6 Desember 2018 karena:

(i) Selama tahun 2018 PT Semen Padang tidak pernah menjalani pemeriksaan di Kejagung RI berkaitan dengan pembelian batubara dari PT Sinar Bentala Abadi;
(ii) Selama tahun 2018, Direktur Utama PT Semen Padang Bapak Yosviandri tidak pernah dipanggil pemeriksaan di Kejagung; dan
(iii) PT Sinar Bentala Abadi bukan merupakan vendor PT Semen Padang

3. Bahwa kami keberatan dimuatnya Berita Online Kontan Tanggal 6 Desember 2018 tanpa melakukan klarifikasi teriebih dahulu kepada PT Semen Padang, padahal suatu pemberitaan haruslah memenuhi informasi tepat, akurat, benar, berimbang, dan adil. Dengan mempertimbangkan prinsip informasi tepat, akurat, be1a1, berimbang dan adil maka Berita online Kontan Tanggal 6 Desember 2018 telah melanggar ketentuan Pasal 6 huruf c dan huruf e UU Pers Jo. Pasai 1 (Penafsiran huruf c) Jo' Pasal 3 (Penafsiran huruf b) Jo. Pasal 4 (Penafsiran huruf a) Kode Etik Jumalistik karena media online Kontan.co.id tidak pernah meminta klarifikasi PT Semen
Padang terhadap pemberitaan Berita Online Kontan Tanggai 6 Desember 2018.

4. Bahwa pemberitaan Berita Online Kontan Tanggal 6 Desember 2018 yang tidak benar tersebut, telah merusak nama baik dan reputasi PT Semen Padang dan bukan tidak mungkin apabila media online Kontan.co.id tidak mencabut berita tersebut PT
Semen Padang kehilangan kepercayaan dari masyarakat. 

Bahwa atas dasar uraian di atas, berdasarkan Pasal 10 Kode Etik Jurnalistik, kami meminta kepada media online Kontan.co.id untuk mencabut Berita online Kontan Tanggal 6 Desember 2018 dan memuat hak jawab ini agar pemberitaan menjadi setara dan seimbang.

Lebih lanjut, untuk memulihkan nama baik PT semen Padang, kami meminta agar media online Kontan.co.id menyampaikan permohonan maaf tertulis di media online Kontan.co.id sendiri maupun di media cetak nasional, yaitu harian kontan, selambat-lambatnya 7 (tuJuh) hari kalender sejak tanggal surat ini.

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Dept. Komunikasi Perusahaan

Oktoweri
Kepala


Reporter: Anggar Septiadi
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.5099 || diagnostic_web = 0.7169

Close [X]
×