kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal ternak tak efektif pangkas harga daging


Senin, 11 April 2016 / 17:07 WIB
Kapal ternak tak efektif pangkas harga daging


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Harga daging sapi masih saja tinggi di pasaran. Berdasarkan survei harga komoditas yang dirilis Kementerian Perdagangan (Kemdag) per 11 April 2016, harga daging sapi secara nasional masih di kisaran Rp 112,403 per kilogram (kg). Sementara itu harga daging sapi di DKI Jakarta sebesar Rp 112,273 per kg.

Meskipun turun dari rata-rata harga daging sapi sebelumnya yang menembus di atas Rp 120.000 per kg, tapi harga daging sapi tetap saja bertahan di kisaran tinggi.

Padahal pemerintah, telah memfasilitasi kedatangan sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menggunakan kapal ternak yang menghemat biaya. Rata-rata pasokan sapi lokal yang diangkut kapal ternak dari NTT sebanyak 500 ekor sekali jalan. Bila kapal ini datang dua kali dalam sebulan, maka ada sebanyak 1.000 ekor yang tiba di Jakarta dan sekitarnya.

Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Raya Sarman Simanjorang mengatakan, pengangkutan sapi dari NTT ke Ibu Kota tersebut tidak memiliki pengaruh signifikan menurunkan harga daging sapi. Pasalnya, kebutuhan daging di Jabodetabek mencapai rata-rata 500 ekor per hari.

"Jadi bila kapal ternak hanya bisa mengangkut 1.000 ekor sebulan, maka itu setara untuk kebutuhan dua hari saja," ujar Sarman kepada KONTAN, Senin (11/4).

Ia mengatakan, pemerintah harus realistis untuk memenuhi pasokan daging sapi di Ibu Kota dan sekitarnya. Apalagi pasokan sapi dari NTT belum bisa dijadikan tumpuan lantaran di sana belum ada perusahaan yang mengelola sapi dalam jumlah ribuan ekor.

Yang terjadi justru sapi milik petani itu dikumpulkan dari ratusan petani kemudian diangkut ke Jakarta. Berat sapi milik petani ini pun rata-rata 250 kilogram (kg) per ekor, atau jauh di bawah berat rata-rata sapi hasil peternakan industri yang rata-rata 400 kg hingga 800 kg per ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×