kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI sudah tetapkan tarif kereta komunitas


Jumat, 27 Agustus 2010 / 20:34 WIB


Reporter: Indira Prana Ning Dyah | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menetapkan tarif untuk sepeda motor yang dikirimkan melalui kereta komunitas khusus yang akan dijalankan dari Lebaran H-5 sampai dengan H+8. Tarif pengiriman motor melalui kereta komunitas tahun ini terhitung lebih mahal dibanding paket yang diberlakukan tahun lalu.

Tahun lalu dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 297.000 maka kereta komunitas akan mengangkut satu motor, dua orang dewasa, dan dua orang anak. Tahun ini tarif yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp 200.000 hanya untuk biaya pengangkutan motor, belum termasuk penumpangnya.

PT KAI juga telah menunjuk beberapa perusahaan ekspedisi sebagai penyelenggara pengiriman motor tersebut yaitu KA Logistik, Herona Ekspress, Lintas Nusantara Perdana, Index Transportama, dan DMK cargo.

Meskipun paket kali ini tidak seekonomis tahun lalu namun biaya pengiriman motor dengan kereta komunitas tersebut masih lebih murah dibandingkan biaya pengiriman motor reguler.

Sebagai gambaran untuk pengiriman motor bebek melalui Herona Ekspress untuk tujuan Jogjakarta atau Solo akan memakan biaya Rp 350.000. Sementara pengiriman motor melalui kereta komunitas hanyalah Rp 200.000 untuk semua tujuan ditambah Rp 30.000 untuk biaya pengepakan.

Ketika dihubungi, Kepala Unit Herona Ekspress Manggarai Slamet Rahardjo mengaku saat ini belum mulai melayani pengiriman motor dengan kereta komunitas karena masih menangani yang reguler. “Pengiriman motor reguler penuh sekali, kemungkinan akan berlanjut hingga tanggal 31 Agustus saat kami menjadi penyelenggara pengiriman motor dengan kereta komunitas,” jelas Slamet.

Pengiriman motor untuk kereta komunitas baru dimulai pada tanggal 31 Agustus. Untuk daerah Jakarta Herona Ekspress hanya menerima pengiriman motor dengan kereta Lebaran ini di gudang mereka yang terletak di Kampung Pandan.

Untuk menghadapi Lebaran ini PT KAI menyediakan kapasitas pengangkutan lumayan banyak. Menurut Mateta Rizalulhaq, Kepala Humas Daerah Operasi I Jakarta PT KAI, setiap gerbong kereta bisa mengangkut 50 motor. “Rencananya dalam satu perjalanan ada 7 gerbong kereta, tapi mungkin saja ada perjalanan dengan 3 kereta penumpang dan 4 gerbong motor,” jelas Mateta. Jadwal keberangkatan kereta komunitas untuk motor adalah H-10 sampai H-6, sementara kembali setelah Lebaran adalah H+9 sampai H+10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×