Kadin DKI: Anies harus bersinegri sama BUMD

Jumat, 20 Oktober 2017 | 22:46 WIB   Reporter: Anggar Septiadi
Kadin DKI: Anies harus bersinegri sama BUMD


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang punya harapan program Gubernur Anies Baswedan dan tandemnya Sandiaga Uno dapat disinergikan dengan BUMD di Jakarta.

Ia mencontohkan bagaimana Bank DKI bisa jadi tulang punggung terhadap program andalan seperti OK OCE maupun KPR down payment 0%.

"Misalnya Bank DKI sebagai perbankan bisa memberikan kontribusi terhadap UMKM di Jakarta. program Pemprov yang baru OK OCE, DP 0% itu seharusnya bisa sinergi dengan BUMD," kata Sarman saat dihubungi KONTAN, Jumat (20/10) malam.

Sebagai sebuah perusahaan, Sarman mengingatkan bahwa kinerja BUMD tetap harus mumpuni. BUMD harus tetap menghasil profit guna menyetor Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemprov.

Meski demikian Sarman tak pungkiri ada kalanya BUMD tak harus untung lantaran mereka juga miliki fungsi pelayanan masyarakat.

"Misalnya soal ketahanan pangan, Dharma Jaya, Cipinang Food. Mereka ditugaskan oleh Pemprov untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di Jakarta," lanjut Sarman.

Mengakomodasi dua kepentingan antara menghasil profit dan fungsi pelayanan masyarakat, Sarman imbau Pemprov dapat mengisi posisi pucuk BUMD berasal dari kalangan profesional yang berpengalaman di bidangnya.

Terlebih jika kelak duo Anies-Sandi ingin meningkatkan performa BUMD. Termasuk jika berencana melakukan penyegaran jajaran direksi.

"Kalau ada rencana untuk melakukan penyegaran, kami berharap bagaimana itu berasal dari profesional. Yang tentunya harus ada peningkatan kinerja. Itu yang jadi ukuran," sambung Sarman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru