Jokowi-Xi Jinping akan meresmikan panda raksasa

Senin, 25 September 2017 | 08:25 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi-Xi Jinping akan meresmikan panda raksasa


INDUSTRI PARIWISATA - Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan untuk meresmikan soft launching pengenalan pasangan panda raksasa Cai Tao dan Hun Chun di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Jawa Barat.

"Iya Pak Jokowi dan Presiden China yang akan meresmikan," ucap Group Head Marketing Taman Safari Indonesia, Triyoba Nataria, di Wolong, China, Minggu (24/9).

Kedua panda tersebut, menurut Triyoba, merupakan pinjaman on breeding dari China untuk jangka waktu 10 tahun.

"Diharapkan pada tahun kedua pasangan panda ini bisa beranak," ujarnya.

Triyoba menyebutkan proses untuk mendapatkan panda tersebut sudah dimulai sekitar lima tahun lalu. Pihak China pun sudah mengecek kelayakan Taman Safari.

Menurut Triyoba, hanya lembaga-lembaga konservasi yang mempunyai grade A yang bisa memperoleh izin meminjam hewan endemik China ini.

Setelah sempat tertunda beberapa waktu, pada awal Juli 2017 TSI mendapatkan kabar bahwa pasangan panda siap dikirim ke Indonesia. Cai Tao dan Hun Chun pun terpilih sebagai duta.

"Ini merupakan simbol hubungan bilateral dan perdamaian kedua negara," kata Triyoba.

Rencananya,  pasangan panda yang berumur tujuh tahun ini akan terbang ke Indonesia pada Kamis (28/9). Setelah tiba di Indonesia, Cai Tao dan Hun Chun akan dikarantina selama beberapa minggu.

"Mungkin akhir Oktober atau awal November baru bisa dilihat umum,"  sebut dia. (Erlangga Djumena)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com, berjudul: Presiden RI dan Presiden China Akan Resmikan Panda di Taman Safari

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru