Jokowi minta kementerian PUPR renovasi benteng Van Den Bosch di Ngawi

Jumat, 01 Februari 2019 | 12:56 WIB   Reporter: Abdul Basith
Jokowi minta kementerian PUPR renovasi benteng Van Den Bosch di Ngawi


AGENDA PRESIDEN - NGAWI. Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan renovasi terhadap Benteng Van Den Bosch di Ngawi, Jawa Timur. Tujuannya adalah agar warisan pusaka Indonesia tetap terjaga dan dilestarikan.

"Tahun ini langsung dikerjakan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tadi sudah saya telepon beliau bilang siap," ujar Jokowi usai meninjau kondisi Benteng Van Den Bosch, Jumat (1/2).

Menurut Presiden Jokowi, pelestarian benteng ini penting untuk menjaga warisan pusaka. Selain itu, renovasi benteng juga dinilai dapat menjadi destinasi wisata di Kabupaten Ngawi.

Renovasi akan mulai dilakukan pada tahun 2019 hingga tahun 2020. Pembangunan tidak dapat cepat selesai dikarenakan renovasi perlu memerhatikan bagian kepurbakalaan. "Merestorasi bangunan seperti ini kan ada kaidah kepurbakalaan yang harus diikuti,"terang Jokowi.

Tidak hanya meninjau, Jokowi pun sempat mencicipi panganan yang dijual dalam kawasan benteng tersebut. Ia sempat mencicipi kopi yang dijual di kawasan benteng seharga Rp 8.000.

Ia pun sempat ditawari berbagai jenis beras yang sempat dijual. Ada beras merah dan putih organik seharga Rp 27.000 per kilogram (kg) serta beras singkong seharga Rp 75.000 per kg.

Jokowi bilang beras singkong tersebut lebih sehat dibanding beras lain. Pasalnya beras singkong tidak mengandung glukosa sehingga baik untuk tubuh. "Saya coba semua, saya beli semua tadi," Jelas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru