Jokowi: Dunia wirausaha dan pemerintahan itu jauh beda, jangan pilih yang coba-coba

Senin, 25 Maret 2019 | 20:54 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi: Dunia wirausaha dan pemerintahan itu jauh beda, jangan pilih yang coba-coba


PEMILU 2019 - JEMBER. Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyatakan jika mengelola sebuah negara besar seperti Indonesia, tidaklah mudah. Untuk itu diperlukan sebuah pengalaman mengurusi sebuah negara. 

“Bapak dan ibu, mengelola negara itu tidak mudah, butuh sebuah pengalaman,” kata Jokowi saat berkampanye di Stadion Jember Sport Garden (JSG) Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (25/3). 

Menurut Jokowi, Indonesia adalah negara besar dengan jumlah penduduk mencapai 269 juta jiwa, yang tersebar dan hidup di 17 ribu lebih pulau. 

“Tidak ada negara di dunia yang memiliki jumlah pulau seperti Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan pengalaman dalam mengelola negara seperti Indonesia,” tegasnya. 

Jokowi mengungkapkan pengalamannya di pemerintahan, mulai dari menjabat Wali Kota Solo selama dua periode, kemudian Gubernur DKI Jakarta, dan menjadi Presiden yang sudah dijalani selama 4,5 tahun. 

“Artinya, pengalaman dari bawah. Jadi ngerti rakyat butuh apa dan mengerti mengelola pemerintahan. Sebab, dunia wirausaha dengan pemerintahan itu jauh berbeda,” katanya. 

“Oleh sebab itu, jangan diberikan kepada yang masih coba-coba, setuju?" tanya Jokowi. Mendengar pertanyaan itu, para pendukungnya yang hadir kompak menjawab setuju. 

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, dalam acara kampanye tersebut, Jokowi ditemani istrinya, Iriana Jokowi. 

Dia juga ditemani Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, putri almarhum Gus Dur Yenny Wahid, Khofifah Indar Parawansa, para anggota TKN, para pengurus NU Jember, dan sejumlah ulama dan elemen masyarakat lainnya. (Kontributor Jember, Ahmad Winarno)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Dunia Wirausaha dengan Pemerintahan Itu Jauh Berbeda...", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru