kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Lebaran, Smartfren siapkan 60 mobile BTS


Senin, 11 Juni 2018 / 19:00 WIB
Jelang Lebaran, Smartfren siapkan 60 mobile BTS
ILUSTRASI. Gerai Smartfren


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama Ramadan, Smartfren mencatat peningkatan trafik telekomunikasi sebesar 10%-15%. Peningkatan itu terjadi pada waktu menjelang buka puasa hingga pukul 21.00, dengan kenaikan paling signifikan terjadi karena aktivitas streaming pelanggan.

Direktur Smartfren Anthony Susilo mengatakan Smartfren siap melayani pelanggan saat lebaran. Menurutnya, jaringan Smartfren 85% meng-cover dan siap digunakan sepanjang Jakarta-Surabaya. 

Ia memprediksi untuk tahun ini di sepanjang Jawa ada sekitar 14 titik yang akan menjadi pusat keramaian selama mudik lebaran.

Guna mengatasi penumpukan pengguna dan kesulitan mengakses internet, Smartfren menjalankan 60 mobile base tranceiver station (BTS) yang sudah siap digunakan. 

Tak hanya itu, untuk tahun ini Smartfren akan menurunkan sekitar 150 tim task force atau gugus tugas serta tim lain yang 24 jam siap diterjunkan jika terjadi gangguan.

Anthony menambahkan, Smartfren meningkatkan kapasitas data sebesar 25% selama masa Ramadan dan libur Lebaran. “SMS dan suara tidak terlalu signifikan peningkatnya,” ungkapnya.

Asal tahu saja, tahun ini Smartfren menargetkan penambahan sebanyak 5000 BTS baru. 

Anthony bilang, detail pemasangan di wilayah-wilayah existing sebanyak 3.000 BTS yaitu wilayah Jawa dan 2.000 BTS di luar Jawa.

Saat ini, realisasi dari target sudah mencapai 70% atau sekitar 3.500 unit siap beroperasi. “Target itu merupakan rencana perusahaan selama setahun dan masih terdapat peluang penambahan BTS di tahun ini,” katanya.

Dalam penambahan BTS ini, Smartfren mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 2,79 triliun untuk menambah 6.000-7.000 BTS baru. “85% dana yang didapatkan perseroan melalui pinjaman perbankan dan 15% dari kas Internal,” jelasnya.

Selama ini, kata Anthony Smartfren belum menaikan tarif data. Ia menambahkan untuk Ramadan tahun ini Smartfren melah memberikan potongan harga untuk paket internet unlimited Super 4G Unlimited 60 dengan harga promo Rp 60.000 untuk 30 hari, unlimited data 4G, dan unlimited nelpon ke sesama Smartfren.

“Dengan benefit yang diberikan, paket ini sangat cocok untuk masyarakat yang akan mudik yang akan selalu terkoneksi dengan layanan internet cepat serta kalangan millennial yang ingin mendapatkan kuota tak terbatas dengan harga paket internet yang cukup terjangkau,” tuturnya.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×