Berita Bisnis

Jasa Marga (JSMR) Menyambung Laba dari Trans Jawa

Jumat, 07 Desember 2018 | 06:35 WIB
Jasa Marga (JSMR) Menyambung Laba dari Trans Jawa

ILUSTRASI. Gerbang Tol Boyolali

Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menargetkan mampu menyelesaikan beberapa ruas tol yang menjadi bagian dari tol Trans Jawa di akhir tahun ini. Total panjang tol Trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi mencapai 1.150 kilometer (km).

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, ada beberapa proyek tol yang ditargetkan selesai akhir tahun ini. Saat ini, Jasa Marga tengah mengejar penyelesaian proyek jalan tol Batang-Semarang sepanjang 75 km dan Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura sepanjang 32 km.
 
Selain itu, JSMR juga akan menyelesaikan proyek jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri ruas Wilangan-Kertosono yang memiliki panjang 37 kilometer. "Juga jalan tol Gempol-Pasuruan ruas Pasuruan-Grati sepanjang 13,65 km," papar Agus kepada KONTAN, Kamis (6/12).
 
Sebelumnya, Agus pernah mengungkapkan, pendapatan jalan tol akan tumbuh sesuai target. Tahun ini, Jasa Marga menargetkan pendapatan tol dan non tol mencapai Rp 11,6 triliun. Artinya, target ini naik 30% dari realisasi 2017.
 
Analis Sinarmas Sekuritas Anthony Angkawijaya menjelaskan, efek dari jalan tol Trans Jawa yang dikelola JSMR tidak terlampau signifikan di akhir tahun ini. "Kalau untuk pendapatan di akhir 2018 tampaknya tidak akan meningkat banyak, paling hanya sekitar 5%, sedangkan untuk laba bersih tidak jauh berbeda di 5%," ujar dia, Kamis (6/12).
 
Namun untuk jangka panjang, integrasi tol Trans Jawa akan berdampak positif bagi Jasa Marga. Volume kendaraan akan meningkat dan mendorong pendapatan. "Namun, tol yang baru jadi membutuhkan waktu lima sampai 10 tahun untuk jadi mature dan mencapai volume optimal," tambah Anthony.
 
Menurut dia, harga saham JSMR juga masih undervalue dan menarik untuk investasi jangka panjang. Ini memperhitungkan pendapatan dan volume kenaikan trafik saat Trans Jawa sudah terhubung.
 
Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menghitung, dalam jangka pendek harga JSMR bisa mencapai Rp 4.700 per saham. "Untuk jangka panjang potensinya ke Rp 5.500," papar dia. Kemarin, JSMR ditutup di Rp 4.550 per saham.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru