kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga : Jalur pengalihan fungsional di jembatan Kali Kenteng aman dilalui


Minggu, 10 Juni 2018 / 13:12 WIB
Jasa Marga : Jalur pengalihan fungsional di jembatan Kali Kenteng aman dilalui
ILUSTRASI. TARGET FUNGSIONAL TOL SALATIGA-BOYOLALI


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menilai pengoperasian jalur fungsional mudik lebaran di beberapa jalan tol milik anak usaha perseroan dua hari kemarin berlangsung dengan baik.

Namun, di beberapa titik yang diberlakukan pengalihan keluar dari trase jalan tol fungsional, antara lain di ruas fungsional Salatiga-Kartasura di sekitar Jembatan Kali Kenteng masih terpantau padat. Itu karena pengerjaan jembatan masih dalam tahap konstruksi.

Oleh karena itu, Jasa Marga menghimbau pengguna jalan tol sementara melewati bagian bawah jembatan, melalui jalur yang dilapis perkerasan lean concrete.

"Pada titik tersebut, terpantau pada hari Sabtu (9/6) sempat terjadi antrian sepanjang satu kilometer karena pengguna jalan harus menyesuaikan kecepatan saat menuruni dan mendaki jalur elevasi." kata Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication Jasa Marga dalam keterangan resminya, Minggu (10/6).

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan memastikan kondisi mesin dalam kondisi prima saat melalui ruas fungsional Salatiga-Kartasura, khususnya sekitar Jembatan Kali Kenteng, dan memastikan kehati-hatian berkendara.

Di sisi lain, PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) memastikan kondisi jalur fungsional di Kali Kenteng aman untuk dilewati. Hari pertama pemberlakuan jalur fungsional di Jembatan Kali Kenteng tercatat 4.200 kendaraan sedangkan di hari kedua terpantau 5.780 kendaraan. Selama dua hari beroperasi tercatat 10 kendaraan mogok.

Jalur fungsional sepanjang 600 meter di Kali Kenteng tersebut telah dilengkapi dengan pagar pengaman, tolo-tolo dan moveable concrete barrier (MCB) untuk membantu pengguna jalan dalam melewati titik dengan sudut elevasi maksimal 7,24 derajat tersebut.

Disiapkan pula derek di lokasi untuk kondisi darurat.

Di GT Salatiga yang menuju jalan tol fungsional Salatiga-Kartasura, PT JSN juga melakukan filterisasi terhadap kendaraan yang masuk. "Pick up dan kendaraan tua yang sarat muatan diminta berputar dan keluar di Tingkir," kata David Wijayatno, Direktur Utama JSN.

Bagi pengguna jalan yang ingin menggunakan alternatif di luar ruas fungsional, diimbau keluar exit gerbang tol (GT) Salatiga dan melanjutkan perjalanan melalui jalur arteri Kota Boyolali menuju Solo. Lalu masuk ke kembali ke Ruas fungsional tol di jalan tol Solo-Ngawi melalui akses GT Colomadu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×