Indonesia punya kans menjadi tuan rumah Olimpiade 2032

Minggu, 02 September 2018 | 09:05 WIB Sumber: Kompas.com
Indonesia punya kans menjadi tuan rumah Olimpiade 2032


ASIAN GAMES 2018 - JAKARTA. Indonesia punya kans untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Demikian dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc), Erick Thohir, Sabtu (1/9). 

Erick Thohir mengaku telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Sabtu pagi. Pertemuan itu turut dihadiri Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, serta Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah.

Dalam konferensi pers di Jakarta Convention Center pada Sabtu sore pukul 16.30 WIB, Erick menjelaskan bahwa mereka sempat membahas peluang Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Pertemuan tadi berlangsung dengan penuh keramahan dan suasana antusias. Kami sempat bahas soal Indonesia yang hanya punya waktu 2 tahun 3 bulan untuk persiapan Asian Games 2018," ujar Erick.

"Kemudian presiden bertanya kepada Thomas Bach, apakah Indonesia bisa jadi kandidat tuan rumah Olimpiade 2032. Jawaban Bach, Indonesia berpeluang jadi salah satu kandidat tuan rumah," tutur dia.

Erick menuturkan bahwa pemerintah dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan mengirimkan surat kepada IOC setelah berakhirnya Asian Games 2018.

Dalam kesempatan itu, Erick membahas soal seremoni penutupan (closing ceremony) Asian Games 2018 yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9).

Nantinya, acara itu akan dihadiri Wali Kota Hangzhou sebagai penyerahan simbolis untuk menyambut Asian Games 2022 di kota tersebut.

"Seremoni penutupan nanti lebih kepada pesta perpisahan, kemudian jadi bentuk terima kasih kepada atlet dan ofisial yang berkompetisi," kata Erick.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada para relawan dan masyarakat keseluruhan, termasuk media yang sudah bekerja sangat keras demi kesuksesan Asian Games 2018," tutur dia.

Erick juga menyatakan bahwa Minggu besok bukanlah hari terakhir Inasgoc bekerja. Inasgoc disebut akan terus bekerja hingga April 2019 untuk memastikan kesuksesan administrasi dalam menggelar Asian Games 2018.

"Seperti yang kalian tahu, beberapa multievent di berbagai belahan dunia, pada akhirnya ada yang terkena isu administrasi," kata Erick.

"Tentunya kami tak ingin hal itu dialami oleh kami selaku tuan rumah," ucap dia.

Closing ceremony Asian Games 2018 akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pukul 19.00 WIB. Acara tersebut akan disiarkan langsung oleh Indosiar dan SCTV. 

(Editor: Jalu Wisnu Wirajati)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru