kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG punya kans menguat di akhir pekan


Kamis, 06 September 2018 / 18:53 WIB
IHSG punya kans menguat di akhir pekan
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Anna Maria Anggita Risang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil rebound di penutupan perdagangan hari Kamis (6/9). Indeks kembali ke zona hijau 1,63% ke level 5.776,095. Investor asing mencatatkan net sell sebesar Rp 966,48 miliar.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai, IHSG mengalami technical rebound menyambut penguatan rupiah. Hari ini, rupiah cukup bertenaga untuk meninggalkan zona Rp 14.900 per dollar AS. 

"Tapi asing nett sell besar dan secara teknikal, dollar AS masih menguat. Indikasinya hanya sesaat baik bagi penguatan rupiah dan bagi IHSG," imbuh William hari ini.

M. Nafan Aji, analis Binaartha Sekuritas mengutarakan, secara psikologis, ketika IHSG mengalami penurunan signifikan, para pelaku pasar cenderung memanfaatkan pelemahan untuk melakukan akumulasi beli, sehingga indeks rebound. Hal tersebut juga berlaku pada pergerakan rupiah terhadap dolar AS saat ini yang pada akhirnya mengalami penguatan.

"Selain itu para pelaku pasar juga mengapresiasi peran pemerintah dalam menjaga stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan, di tengah-tengah ketidakpastian global," tuturnya.

Secara teknikal, Nafan melihat, indikator MACD sudah membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI sudah menunjukkan berada di area netral.

Namun, terlihat pola bullish harami candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan indeks saham. Dengan demikian, indeks berpeluang menuju ke area resisten, dengan range pergerakan besok 5.615 - 5.867.

Demikian pula dengan William yang memprediksi IHSG masih bisa menguat dengan range 5.700 - 5.820. Dengan sentimen masih dari rupiah, dia menyarankan take profit untuk antisipasi kabar terbaru mengenai perang dagang di pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×