Gunung Sinabung makin rutin erupsi

Minggu, 07 Mei 2017 | 15:15 WIB Sumber: Antara
Gunung Sinabung makin rutin erupsi


MEDAN. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mencatat Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara semakin rutin mengeluarkan erupsi dalam beberapa hari terakhir.

Staf Pos Pemantauan Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi M Nurul Asrori mengatakan, khusus hingga Minggu siang, Gunung Sinabung telah empat kali mengalami erupsi.

Erupsi pertama terjadi pada pukul 00.14 WIB dengan ketinggian kolom abu vulkanik hingga 2.300 meter. Kemudian, pada pukul 08.19 WIB dengan ketinggian kolom 2.100 meter dan pukul 08.41 WIB setinggi 2.000 meter.

Erupsi selanjutnya terjadi pada pukul 10.29 WIB dengan ketinggian kolom abu vulkanik hingga 2.300 meter.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi juga mencatat, Gunung Sinabung mengalami erupsi hingga enam kali pada Sabtu (6/5). Erupsi terakhir pada Sabtu tersebut muncul pada malam hari yakni pukul 21.15 WIB yang meluncurkan abu vulkanik dengan ketinggian kolom 800 meter.

Pada Jumat (5/5), gunung berapi yang berada di Kabupaten Karo tersebut mengalami erupsi hingga delapan kali. Sedangkan pada Kamis (4/5) justru lebih banyak yakni 11 kali.

"Masih terus aktif karena statusnya masih Level 4 atau berstatus 'Awas'," kata Nurul, Minggu (7/5).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah memberlakukan zona merah atau larangan masuk dalam radius tiga kilometer untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, untuk sektor tertentu, radius zona merah tersebut diperluas karena jauhnya jangkauan awan panas yang keluar dari erupsi tersebut. Untuk sektor selatan-tenggara, zona merahnya sejauh 7 km, sektor tenggara-timur 6 km, dan sektor utara-timur 4 km.


(Irwan Arfa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru