Gerindra rela cawagub DKI diisi oleh PKS

Selasa, 02 Juli 2019 | 19:12 WIB Sumber: Kompas.com
Gerindra rela cawagub DKI diisi oleh PKS


DKI JAKARTA - JAKARTA. Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, pihaknya sudah merelakan kursi calon wakil gubernur (cawagub) DKI untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS), meskipun pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kalah pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 

Gerindra dan PKS sudah sepakat bahwa kursi wagub menjadi milik PKS karena Sandiaga menjadi calon wakil presiden. Sandiaga merupakan kader Gerindra sebelum menjadi cawapres. 

Setelah diusung menjadi cawapres, Sandiaga memilih mundur sebagai wagub DKI dan keluar dari Gerindra. "Kok enggak rela, gimana, orang sekarang calonnya dari PKS. Dari awal sudah diserahkan," ujar Taufik saat dihubungi, Selasa (2/7).

Meskipun demikian, Taufik menyebut Gerindra dan PKS bakal mendiskusikan kembali nama cawagub jika dua nama kader PKS yang telah diajukan ditolak DPRD DKI. DPRD DKI, kata Taufik, akan mengembalikan cawagub yang diajukan Gerindra dan PKS jika dua kali rapat paripurna pemilihan wagub tidak kuorum. 

Pada saat itu, Gerindra berpeluang mengajukan nama cawagub. "Semua opsi terbuka," kata Taufik. Kursi wagub DKI masih kosong sejak ditinggalkan Sandiaga Uno pada 10 Agustus 2018. 

Partai Gerindra dan PKS telah mengajukan dua nama cawagub, yakni kader PKS Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu, ke DPRD DKI. DPRD DKI telah membentuk pansus untuk menggelar pemilihan wagub melalui rapat paripurna. Pansus itu kini tengah menyempurnakan tata tertib pemilihan wagub. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerindra DKI Rela Cawagub DKI untuk PKS meski Prabowo-Sandi Kalah Pilpres"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru