Ganjil genap mulai berlaku, lalu lintas tol Jakarta-Cikampek terpantau lancar

Senin, 12 Maret 2018 | 12:06 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Ganjil genap mulai berlaku, lalu lintas tol Jakarta-Cikampek terpantau lancar


KEBIJAKAN PELAT GANJIL GENAP - JAKARTA. Paket kebijakan pengaturan jalan tol Jakarta-Cikampek yang meliputi pembatasan kendaraan dan pemberlakuan ganjil genap mulai diberlakukan hari ini, Senin (12/3) dari pukul 06.00-09.00 WIB. Di hari pertama pelaksanaan paket kebijakan tersebut, kondisi lalu lintas di di kedua arah berjalan lancar.

Jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat 1 terpantau turun signifikan dibandingkan dengan kondisi normal. Tercatat 1.820 kendaraan masuk melalui GT Bekasi Barat 1 arah Jakarta. Jumlah ini turun 30% dari kondisi normal yang mencapai 2.600 kendaraan. 

Sedangkan kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Bekasi Barat 2 mencapai 1.852 kendaraan atau turun 38,20% dari kondisi normal yang mencapai 3.000 kendaraan.

Sedangkan dari GT Bekasi Timur 2, jumlah kendaraan yang menuju ke Jakarta saat jam pemberlakuan kebijakan mencapai 1.545 kendaraan atau turun 35,60% dibanding kondisi normal yang mencapai 2.400 kendaraan.

General Manager PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R.Lukman mengatakan penurunan signifikan jumlah kendaraan dipengaruhi beberapa faktor yaitu pengguna jalan tol mempunyai tiga opsi yaitu beralih rute ke jalur alternatif, beralih waktu perjalanan dan beralih moda transportasi.

Hari pertama pemberlakuan kebijakan, terpantau pengguna jalan tol beralih waktu. Terpantau di GT Bekasi Barat 1 mulai pukul 04.00-05.00 WIB naik 37% dari lalu lintas normal.

Sedangkan di GT Bekasi Timur perubahan waktu perjalanan mulai dominan terasa dari pukul 05.00-06.00 WIB sebesar 23% dibanding hari biasa. 

Secara keseluruhan, dampak kebijakan penurunan kendaraan rata-rata mencapai 35% atau 2.783 kendaraan selama tiga jam pemberlakukan kebijakan.

"Terkait kebijakan pembatasan kendaraan golongan 3-5 khususnya di GT Cikarut arah Cikampek mulai pukul 06.00-09.00 WIB ada penurunan volume lalin golongan 3-5 mencapai 70% dibanding kondisi normal." kata Raddy dalam keterangan resminya, Senin (12/3).

Sedangkan kendaraan golongan 3-5 arah Jakarta yang masuk melalui GT Cikarut turun 64% dibanding kondisi normal.

Pemberlakuan paket kebijakan jalan tol Jakarta-Cikampek dampaknya dapat dilihat dari sisi kelancaran jalan Tol Jakarta Cikampek di kedua arah dimana kondisi kelancaran lalin terpantau lancar cukup signifikan.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif untuk kelancaran paket kebijakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan terus mengantisipasi perjalanan melalui informasi terkini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru