kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitch Ratings sematkan peringkat AA + (idn) untuk Maybank Indonesia Finance


Jumat, 08 Maret 2019 / 17:18 WIB
Fitch Ratings sematkan peringkat AA + (idn) untuk Maybank Indonesia Finance


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkatan Fitch Ratings Indonesia menetapkan peringkat nasional untuk surat utang jangka panjang PT Maybank Indonesia Finance di AA+ (idn) dengan prospek stabil. Penyematan rating tersebut untuk obligasi bertenor tiga dan lima tahun.

Dalam keterangan tertulis Jumat (1/3), disebutkan bahwa peringkat tersebut berlaku untuk penerbitan obligasi berkelanjutan II senilai Rp 1 triliun, yang akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja perusahaan.

Fitch menjelaskan, peringkat tersebut menunjukkan bahwa potensi gagal bayar sangat rendah terhadap emiten atau surat utang lain di Indonesia. Resiko kredit hanya sedikit berbeda dengan emiten-emiten atau surat utang yang mendapatkan peringkat tertinggi di Indonesia.

“Peringkat nasional dari Maybank Indonesia Finance mencerminkan ekspektasi Fitch dari dukungan luar biasa perusahaan induk, yaitu PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BBB/AAA (idn)/Stabil) yang kuat jika diperlukan,” tulis Fitch seperti dikutip Kontan.co.id, Jumat (8/3).

Dengan kondisi itu dapat mendukung bisnis bank induk di pasar pembiayaan konsumen yang tengah berkembang pesat di Indonesia. Dukungan induk terlihat dari kepemilikan penuh dan penggunaan nama entitas yang sama, keselarasan operasional yang kuat, dan pemberian dukungan finansial.

Di sisi lain, peringkat akan berubah sesuai dengan perubahan pada peringkat jangka panjang Maybank Indonesia Finance. Menurut Fitch, pelemahan dukungan dari perusahaan induk bisa menurunkan peringkat Maybak Indonesia Finance, termasuk penurunan peringkat pada beberapa tingkat.

“Fitch memiliki prospek ini karena peran startegi anak perusahaan dalam pengembangan bisnis pembiayaan konsumen perusahaan induk. Pelemahan berkelanjutan secara signifikan terhadap kontribusi Maybank Indonesia Finance pada pembaharuan bisnis mereka bisa membuat peringkat turun ke bawah,” pungkas Fitch.

Meski demikian kenaikan peringkat juga dapat terjadi jika Fitch melihat Maybank Indonesia Finance menjadi perusahaan inti dari Maybank Indonesia. Hal ini akan menyetarakan peringkat Maybank Indonesia Finance dengan peringkat perusahaan induk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×