kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Finnet melayani pembayaran zakat online


Kamis, 28 Juli 2011 / 09:53 WIB
ILUSTRASI. Logo Bank Dunia. REUTERS/Johannes P. Christo


Reporter: Anaya Noora Pitaningtyas | Editor: Wahyu T.Rahmawati

JAKARTA. Kemudahan transaksi lewat ponsel menjadi bisnis yang makin menggiurkan. Salah satu pengelola bisnis pembayaran lewat loket komunikasi ini adalah Finnet Indonesia. Anak usaha PT Telkom yang bergerak di bidang pelayanan pembayaran via internet ini gencar mencari rekanan untuk kerjasama dan pengembangan pasar pembayaran internet.

Paling baru, Finnet menggandeng Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) untuk pembayaran zakat, infak, dan sedekah (ZIS) melalui layanan FinChannel dan MobileCash (MC). Direktur Utama Finnet, Walden R. Bakara mengatakan, perjanjian kerjasama ini berlangsung selama setahun.

MC merupakan fasilitas di ponsel yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Sementara FinChannel merupakan loket tempat para pengguna MobileCash melakukan transaksi. Pengguna MC bisa mengisi ulang, menarik tunai saldo MC, serta melakukan transaksi lewat FinChannel.

PKPU dan Finnet menggunakan agen FinChannel yang menyediakan diri untuk menampung transaksi ZIS. Pihak-pihak yang dapat menjadi agen antara lain Dewan Kemakmuran Masjid, seksi kerohanian di sekolah, dan pihak-pihak yang biasa menampung dana masyarakat. Sayang, Walden enggan menyebut target kerja sama ini.

Selama ini, Finnet mencatat transaksi pembayaran elektronik (e-payment) sebanyak 1 juta transaksi per bulan. "Nilai keuntungan yang diperoleh berkisar Rp 1.000 hingga Rp 5.000 per transaksi," kata Walden. Hitungan kasar, keuntungan sebulan antara Rp 1 miliar - Rp 5 miliar.

Beberapa kompetitor Finnet di bisnis ini misalnya T-Cash, DompetKU, dan DOKU. Saat ini Finnet memiliki 2.500 agen FinChannel di Indonesia. Finnet menargetkan, jumlah agen bertambah jadi 10.000 pada akhir 2011.

Kerjasama dengan PKPU ini merupakan salah satu strategi mengembangkan bisnis. Finnet juga bakal menjalin kerja sama pembayaran ZIS dengan Dompet Dhuafa.

Direktur Utama PKPU, Agung Notowiguno mengatakan, selama ini PKPU menerima dana ZIS Rp 4 miliar - Rp 5 miliar per bulan, dari 75.000 donatur yang rutin mengirimkan dana.

Selama Ramadan nanti, PKPU menargetkan perolehan dana bisa mencapai Rp 40 miliar. Maklum, siklus tahunan pembayaran zakat memang melonjak menjelang dan ketika Ramadan. "Kami memprediksi, rata-rata nilai transaksi pembayaran per bulan meningkat menjadi Rp 6 miliar - Rp 7 miliar," kata Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×