kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom IKS prediksi BI akan pangkas suku bunga acuan 25 bps pada RDG bulan ini


Selasa, 16 Juni 2020 / 17:21 WIB
Ekonom IKS prediksi BI akan pangkas suku bunga acuan 25 bps pada RDG bulan ini


Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah kembali menahan suku bunga acuan di level 4,5% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) di bulan lalu, bank sentral diprediksi akan menurunkan suku bunga acuannya dalam RDG bulan ini. 

Peneliti ekonomi senior Institut Kajian Strategis (IKS) Universitas Kebangsaan RI Eric Sugandi meramal, bank sentral akan menurunkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) ke level 4,25%. 

Baca Juga: Para ekonom ini prediksi BI akan pangkas suku bunga acuan 25 bps pada RDG Juni 2020

"Dengan pemangkasan BI 7-day (Reverse) Repo Rate ini, BI akan memberikan bantuan dari sisi moneter untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Eric kepada Kontan.co.id, Selasa (16/6). 

Pemangkasan ini juga didorong oleh tekanan inflasi yang relatif rendah dan terkendali serta posisi nilai tukar rupiah yang masih relatif stabil. 

Sebelumnya, pada 9 Juni-10 Juni 2020 yang lalu, bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan alias fed fund rate (FFR) di kisaran 0% - 0,25%. 

Menurut Eric, kalau BI memang menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps di bulan ini dan dengan adanya kebijakan The Fed tersebut, ini tidak akan berdampak negatif ke Surat Berharga Negara (SBN) karena yield SBN masih tinggi.  "Sehingga nantinya tekanan ke rupiah via penerbitan surat utang tidak terlalu banyak," tambah Eric. 

Baca Juga: Ekonom BCA memprediksi BI akan turunkan suku bunga acuan 25 bps di bulan ini

Selain itu, penurunan suku bunga acuan ini malah dipandang akan membawa angin segar terhadap indeks bursa saham. Pasalnya, langkah ini dinilai bisa meningkatkan ekspektasi positif para investor saham akan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×