Dua rangkaian kereta LRT Palembang tiba di Pelabuhan Boom Baru

Kamis, 12 April 2018 | 12:21 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Dua rangkaian kereta LRT Palembang tiba di Pelabuhan Boom Baru

ILUSTRASI. Gerbong kereta LRT Palembang produksi PT INKA


LRT - JAKARTA. Saat yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sumatra Selatan akhirnya datang juga. Dua train set light rail transit (LRT) untuk operasional di lintas Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II-Jakabaring, telah tiba di Pelabuhan Boom Baru, Sumatra Selatan pada Kamis (12/4).

LRT Palembang merupakan LRT pertama yang dibangun di Indonesia. LRT ini dibangun bertujuan untuk membantu pergerakan masyarakat di wilayah Sumatra Selatan dalam melaksanakan perjalanan, mengintegrasikan penumpang dari bandara dengan LRT menuju ke lokasi tujuan serta dalam rangka mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang.

Sarana LRT Sumatra Selatan yang diproduksi oleh PT INKA (Persero) ini berangkat dari Madiun pada 6 April 2018. Satu rangkaian kereta terdiri dari tiga gerbong. Dua rangkaian kereta diangkut dengan kapal laut membutuhkan waktu sekitar enam hari untuk tiba di Sumatra Selatan.

"Setibanya di Sumatra Selatan, dua train set LRT ini masih harus melalui proses commissioning dan pengujian sebelum dapat dioperasikan," Kata Dirjen Perkeretaapian Zulfikri dalam keterangan resmi, Kamis (12/4).

Pembangunan prasarana LRT Sumatra Selatan saat ini telah mencapai progres sebesar 89%. Prasarana LRT ini nantinya juga akan melalui serangkaian pengujian dan safety assessment dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Rencananya akan dilaksanakan soft launching pada akhir Juni 2018.

Pemerintah berharap, pengoperasian LRT Sumatra Selatan ini dapat menjadi pilihan masyarakat Sumsel, khususnya Palembang untuk mobilitas. Dengan kehadiran LRT, diharapkan dapat memberikan manfaat secara ekonomis bagi Provinsi Sumatra Selatan dan menghadirkan warna baru bagi perkembangan perkeretaapian di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru