Densus 88 kembali tangkap 2 terduga teroris di Jakarta Timur dan Bekasi

Senin, 20 Mei 2019 | 12:35 WIB Sumber: Kompas.com
Densus 88 kembali tangkap 2 terduga teroris di Jakarta Timur dan Bekasi


TERORIS -  JAKARTA. Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua terduga teroris bernama Muhamad Sahdi (MS) alias Abu Fatih (41) dan Armeidi (A) alias Abu Mufid (49) pada Senin (20/5).

Keduanya ditangkap di dua tempat yang berbeda. MS ditangkap di Taman Mahoni, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, sedangkan A di Perumahan Taman Tridaya Indah II, Kecamatan Tambun, Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Tertangkapnya MS dan A berkembang setelah Densus 88 menangkap tersangka teroris Endang alias Abu Rafi di Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/5). "Ya betul penangkapan tersebut. Saat ini sudah diperiksa dan dikembangkan," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal (Pol) Dedi Prasetyo kepada Kompas.com, Senin (20/5).

Penangkapan MS, lanjut Dedi, terjadi pada pukul 09.30 WIB. Sedangkan A ditangkap pukul 09.00 WIB. Meski demikian, hingga saat ini MS dan A belum teridentifikasi mengenai jaringan teroris yang keduanya ikuti.

Sebelumnya, dari serangkaian pemeriksaan dan olah TKP oleh Mabes Polri sejak Jumat (17/5) hingga Sabtu (18/5), polisi mendapati sejumlah rencana aksi yang akan dilakukan pengikut jaringan teroris Firki Abu Hamzah tersebut.

Salah satu target dari jaringan ISIS di Indonesia ini adalah membuat kekacauan pada tanggal 22 Mei 2019 mendatang di Gedung KPU, Jakarta. Dedi mengungkapkan, tersangka Endang sudah menyiapkan enam buah bom rakitan siap ledak yang rencananya akan digunakan pada saat aksi 22 Mei 2019.

Bom rakitan tersebut memiliki daya ledak tinggi atau high explosive dengan berbahan TATP dan nitrogliserin. Bom beserta bahan peledak tersebut ditemukan saat polisi melakukan penangkapan terhadap Endang di rumahnya, di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. (Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris di Jakarta Timur dan Bekasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru