kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,19   6,59   0.66%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah lonjakan Covid-19 saat PON XX sebanyak 123 relawan dikerahkan di Jayapura


Jumat, 24 September 2021 / 23:56 WIB
Cegah lonjakan Covid-19 saat PON XX sebanyak 123 relawan dikerahkan di Jayapura
ILUSTRASI. Sebanyak 123 relawan prokes tersebut akan bertugas di wilayah Kota Jayapura


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan segera dimulai. Guna menyukseskan gelaran olahraga terbesar di Indonesia ini BNBP dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional menyiapkan sejumlah relawan protokol kesehatan. 

Relawan protokol kesehatan ini merupakan langkah penting untuk mencegah lonjakan Covid-19 selama penyelenggaraan PON XX pada 2-15 Oktober 2021. Sebanyak 123 relawan prokes tersebut akan bertugas di wilayah Kota Jayapura dan wilayah lain, seperti Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika. 

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi, M.A.P mengharapkan keterlibatan pentaheliks, khususnya relawan dalam mendukung penguatan disiplin protokol kesehatan dalam pesta olahraga nasional ini. "Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan para relawan yang hadir di sini untuk mendukung penerapan protokol kesehatan dan mencegah bersama-sama potensi lonjakan kasus COVID-19 jelang PON XX ini," ujar Prasinta dalam rilis. 

Baca Juga: Ini dia 5 tempat wisata alam populer di Papua yang wajib Anda kunjungi

Prasinta mengatakan, tugas para relawan mencakup tiga hal. Seperti, membagi masker kepada masyarakat umum, khususnya warga yang akan menyaksikan pertandingan olahraga di berbagai tempat penyelenggaraan PON.  "Sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat guna mengurangi penyebaran virus COVID-19 selama penyelenggaraan PON," ujar Prasinta. 

Relawan akan bertugas di enam gerai yang tersebar di tempat penyelenggaraan PON dan titik-titik yang berpotensi menimpulkan berkerumunan. Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo bilang, telah membekali relawan yang akan bertugas di Kota Jayapura dengan materi utama, yaitu protokol kesehatan dan pemanfaatan inaRISK. 

Materi prokes disampaikan narasumber dari Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 Nasional, sedangkan pemanfaatan inaRISK untuk pelaporan dari BNPB.  Sebanyak 123 relawan berasal dari organisasi, antara lain Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdatul Ulama, Muhammadiyah Disaster Management Center, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Radio Antar Penduduk Indonesia, Senkom, Badan Amil Zakat Nasional, Palang Merah Indonesia, relawan BPBD Kota Jayapura, Resimen Mahasiswa Universitas Cenderawasih dan Squad PBI.

Selain di Kota Jayapura, BNPB dan Satgas Penanganan COVID-19 akan melatih relawan yang akan di tempatkan di Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika. Pelatihan di tiga wilayah tersebut akan dilakukan pada esok hari, Sabtu (25/9).  

Baca Juga: Kegiatan besar kemungkinan akan diizinkan selama kasus Covid-19 terkendali

PON XX Papua akan menandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia yang didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang. Tempat utama penyelenggaraan akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura berkapasitas 40.000 penonton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×