kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, bisnis makanan olahan ini tidak perlu izin edar BPOM


Senin, 25 Oktober 2021 / 08:56 WIB
Catat, bisnis makanan olahan ini tidak perlu izin edar BPOM


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjadi ganjalan bagi pengusaha kecil di sektor makanan olahan belakangan ini. Beralasan tidak memiliki izin edar BPOM, sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) makanan dipanggil pihak kepolisian. Padahal, tidak semua bisnis makanan olahan memerluka izin edar BPOM.

Kasus tersebut mencuat saat salah satu warganet yang memiliki usaha frozen food tiba-tiba dipanggil polisi karena tak punya izin edar BPOM. Jelas saja, hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi pengusaha mikro kecil di sektor makanan olahan yang umumnya tidak memiliki izin edar BPOM

Daftar olahan pangan wajib izin edar BPOM

Sejatinya, masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada produk-produk tertentu yang wajib mendapat izin edar BPOM. Ketentuan tentang izin edar BPOM diatur dalam Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 27 tahun 2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan.

Di pasal 2 disebutkan bahwa setiap Pangan Olahan yang diproduksi di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran wajib memiliki Izin Edar. Izin edar itu juga wajib untuk:

  • Pangan fortifikasi
  • Pangan SNI wajib
  • Pangan program pemerintah
  • Pangan yang ditujukan untuk uji pasar
  • Bahan Tambahan Pangan (BTP).

Baca juga: Pasar Frozen Food Gurih

Produk pangan bebas izin edar BPOM

Akan tetapi ketentuan wajib izin edar BPOM itu dikecualikan untuk sejumlah produk pangan. Berikut daftar produk makanan yang tidak memerlukan izin edar BPOM:

1. Pangan Olahan yang diproduksi oleh industri rumah tangga Pangan

2. Pangan Olahan yang mempunyai masa simpan kurang dari 7 hari

3. Pangan Olahan yang diimpor dalam jumlah kecil untuk keperluan sampel dalam rangka pendaftaran penelitian konsumsi sendiri

4. Pangan Olahan yang digunakan lebih lanjut sebagai bahan baku dan tidak dijual secara langsung kepada konsumen akhir

5. Pangan Olahan yang dikemas dalam jumlah besar dan tidak dijual secara langsung kepada konsumen akhir

6. Pangan yang dijual dan dikemas langsung di hadapan pembeli dalam jumlah kecil sesuai permintaan konsumen

7. Pangan siap saji

8. Pangan yang hanya mengalami pengolahan minimal (pasca panen) meliputi pencucian, pengupasan, pengeringan, penggilingan, pemotongan, penggaraman, pembekuan, pencampuran, dan/atau blansir serta tanpa penambahan BTP, kecuali BTP untuk pelilinan.

Penjelasan BPOM

Sebelumnya diberitakan BPOM buka suara terkait polemik izin edar frozen food. Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, tidak semua produk frozen food harus memiliki izin BPOM. "Jika dikaitkan dengan berapa lama produk bisa bertahan disimpan, frozen food yang bertahan lebih dari 7 hari yang harus mendapatkan izin BPOM," ujarnya dalam sambutan acara World Food Day Our Actions are Our Future yang ditayangkan secara virtual, 19 Oktober 2021, dikutip Kompas.com, 20 Oktober 2021.

Penny mengatakan, jika produk pangan tersebut tak bisa tahan disimpan kurang dari 7 hari bisa tanpa izin BPOM, tapi perlu izin edar dari dinas kesehatan yaitu Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Oleh sebab itu penting untuk mencantumkan tanggal produksi dan kedaluwarsa pada produk frozen food. Dengan begitu, konsumen bisa mengetahui mana frozen food yang bisa bertahan lebih dari 7 hari dan mana yang tidak. Selain itu bagi pelaku UMKM frozen yang menerima pesanan dan langsung mengirimkan produknya ke pemesan, tak perlu memerlukan izin edar BPOM.

Itulah daftar makananan olahan yang tidak memerlukan izin edar BPOM. Semoga pelaku usaha mikro dan kecil tidak terbentur oleh aturan izin edar BPOM. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Daftar Produk Pangan yang Bebas Izin Edar BPOM",


Penulis : Nur Fitriatus Shalihah
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Selanjutnya: Selama pandemi bisnis makanan beku diperkirakan dapat meningkat lebih dari 50%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×