Butuh Rp 400 M benahi DAS Cimanuk dan Citarum

Selasa, 29 November 2016 | 19:06 WIB Sumber: Kompas.com
Butuh Rp 400 M benahi DAS Cimanuk dan Citarum


JAKARTA. Dua ekosistem daerah aliran sungai (DAS) di Jawa Barat, Citarum dan Cimanuk memerlukan perhatian lebih dari pemerintah. Kedua ekosistem DAS itu perlu segera diperbaiki untuk mengantisipasi terjadinya banjir kembali di Jawa Barat pada masa yang akan datang.

Hal itu disampaikan Menteri lingkungan hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya seusai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Selasa (29/11). Menurut dia, musibah banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah Jawa Barat beberapa waktu terakhir tidak terlepas dari rusaknya ekosistem kedua DAS itu. "Sebagian (banjir disebabkan rusaknya DAS) Ciliwung, tetapi Ciliwung sudah jauh lebih baik," ujar Siti.

Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian LHK, kerusakan ekosistem yang melanda DAS Citarum mencapai 36.000 hektare (ha). Sementara itu, kerusakan yang menimpa DAS Cimanuk mencapai 59.000 ha. 

Untuk memperbaiki kerusakan ekosistem yang terjadi di DAS Citarum, setidaknya dibutuhkan anggaran sekitar Rp 200 miliar. Sementara itu, anggaran perbaikan untuk DAS Cimanuk dibutuhkan sekitar Rp 215 miliar. "Jadi, Rp 400 miliar untuk membereskan Jawa Barat yang sekarang banjir itu," ujarnya.

Rencananya, Kementerian LHK akan menggelar rapat teknis untuk membahas persoalan banjir tersebut pekan depan.Dalam rapat tersebut juga akan dibahas rencana pengalokasian anggaran terkait penanganan masalah banjir yang harus ditanggung Kementerian LHK.

(Dani Prabowo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru