BMKG mendeteksi ada 47 titik panas di wilayah Riau

Minggu, 24 Februari 2019 | 11:57 WIB   Reporter: Handoyo
BMKG mendeteksi ada 47 titik panas di wilayah Riau


KEBAKARAN LAHAN - PEKANBARU. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 47 titik panas atau hotspot di wilayah Riau, Minggu (24/2/2019) pagi.

Titik panas itu tersebar di empat kabupaten. Hal itu disampaikan Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Mia Vadila saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu. 

"Untuk pagi ini ada 47 titik hotspot di Riau, yakni di Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Siak dan Kabupeten Indragiri Hilir (Inhil)," sebut Mia. Dia merincikan, di Kabupaten Bengkalis terdapat 20 titik, Pelalawan 3 titik, Siak 20 titik, dan Inhil 4 titik. Ditotalkan seluruhnya 47 titik. 

Dari 47 titik panas yang terdeteksi, 32 diantaranya diyakini titik api atau confidence (tingkat kepercayaan) di atas 70 persen. "Riau level confidence di atas 70 persen ada 32 titik, yakni di Kabupaten Bengkalis 11 titik, Pelalawan 3 titik, Siak 16 titik dan Inhil 2 titik," sambung Mia. 

Sementara untuk di wilayah Sumatera, tambah dia, total hotspot 51 titik. "Di Sumatera ada 51 titik, yakni di Riau 47 titik dan Kepulauan Riau 4 titik," tutup Mia. 

Sebagaimana diketahui, kebakaran hutan dan lahan di Riau hingga saat ini masih terjadi. Salah satunya paling paling parah di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Di Kecamatan Rupat, luas lahan yang terbakar sudah hampir ribuan hektar, yang terus diatasi oleh kepolisian, TNI, Manggala Agni, BPBD, dan masyarakat peduli api (MPA). Dampak dari karhutla tersebut, yakni kabut asap yang cukup tebal. (Idon Tanjung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG Pantau 47 Titik Panas di Riau"

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru