kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa dipesan besok, ST003 masih prospektif dengan kupon 8,15%


Kamis, 31 Januari 2019 / 20:22 WIB
Bisa dipesan besok, ST003 masih prospektif dengan kupon 8,15%


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) telah mengumumkan kupon minimal untuk Sukuk Tabungan seri ST003 di level 8,15%. Dengan kupon sebesar ini, ST003 diperkirakan masih akan diminati oleh banyak investor ritel.

Senior VP & Head of Investment Recapital Asset Management Rio Ariansyah menyampaikan, kupon yang dimiliki oleh ST003 masih cukup menarik bagi para investor, kendati levelnya sama dengan kupon SBR005.

Target indikatif yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 2 triliun juga sangat mungkin tercapai dengan tawaran kupon ST003 yang mencapai 8,15%.

Rio mengatakan, ST003 bisa menjadi kesempatan emas bagi para investor yang ingin memaksimalkan keuntungan melalui pembayaran kupon di level tinggi.

Seiring dengan sikap Federal Reserve yang lebih berhati-hati dan potensi kenaikan suku bunga acuan AS kian terbatas, bisa saja kupon Surat Berharga Negara (SBN) ritel seri-seri selanjutnya tidak akan mengalami kenaikan kupon minimal. Bahkan, bisa saja kupon SBN ritel mendatang akan mengalami penurunan. “Makanya investor ritel yang memang butuh instrumen ini jangan sampai kehilangan momentum,” kata dia, Kamis (31/1).

Di samping itu, ST003 juga bisa menjadi pilihan alternatif bagi investor ritel yang selama ini lebih berorientasi trading di pasar sekunder.

Menurut Rio, investor dengan karakter demikian justru cenderung belum bisa mendapatkan capital gain yang maksimal di pasar sekunder pada awal tahun ini. Pasalnya, harga Surat Utang Negara (SUN) akhir-akhir ini justru menunjukkan tren koreksi. “Sampai suku bunga acuan belum turun, kemungkinan sulit mencari imbal hasil yang optimal dari perdagangan obligasi di pasar sekunder,” ungkapnya.

Sebagai catataan, ST003 sudah bisa dipesan oleh investor ritel mulai 1 Februari besok sampai 20 Februari mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×