kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Jurus BI dan Pemerintah Jaga Inflasi Tetap Sesuai Target Tahun Ini


Rabu, 09 Maret 2022 / 20:48 WIB
Begini Jurus BI dan Pemerintah Jaga Inflasi Tetap Sesuai Target Tahun Ini
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia Perry Wmengatakan, pemerintah dan BI berkomitmen menjaga inflasi 2022 dalam kisaran sasaran yang sudah ditetapkan yakni 2%-4% yoy.arjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur BI di Jakarta.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga tingkat inflasi 2022 dalam kisaran sasaran yang sudah ditetapkan yakni 2% yoy hingga 4% yoy.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dalam hal ini, pemerintah lewat Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) serta BI menetapkan lima langkah strategis untuk memperkuat pengendalian inflasi.

Yakni, pertama, memperkuat koordinasi kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong momentum pemulihan ekonomi nasional.

Kedua, memitigasi dampak upside risk, seperti dampak normalsiasi kebijakan likudiitas global dan peningkatan harga komoditas dunia. “Ini bisa berpengaruh terhadap inflasi dan daya beli masyarakat,” tutur Perry dalam keterangan resminya, Rabu (9/3).

Ketiga, menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food) dalam kisaran 3% hingga 5%. Hal ini dilakukan dengan menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, teurtama menjelang hari besar keagamaan nasional.

Baca Juga: BI: Konflik Rusia-Ukraina akan Mengganggu Pasokan Global

Implementasi strategi difokuskan lewat optimalisasi pemanfaatan teknologi dan digitalisasi pertanian sisi hulu-hilir, pengembangan konektivitas, serta pengautan kerja sama antardaerah.

Keempat, memperkuat sinergi komunikasi kebijakan untuk mendukung pengelolaan ekspektasi inflasi masyarakat.

Kelima, memperkuat koordinasi pemerintah pusat dan daerah dalam pengendalian inflasi lewat rapat koordinasi nasional (rakornas) pengendalian inflasi 2022.

Ke depan, Pemerintah dan BI, baik di tingkat pusat maupun daerah, berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi agar inflasi IHK tetap terjaga sesuai kisaran sasarannya.

Upaya tersebut diharapkan dapat semakin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah meningkatnya risiko global.

Inflasi yang rendah dan stabil juga akan memperkuat stabilitas dan mendukung pemulihan perekonomian untuk tumbuh lebih tinggi dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju.

Baca Juga: Kenaikan Tarif PPN Tak Berdampak Signifikan ke Inflasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×