kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini hasil pemeriksaan PPATK terkait sumbangan Rp 2 triliun keluarga Akidi Tio


Kamis, 05 Agustus 2021 / 16:40 WIB
Begini hasil pemeriksaan PPATK terkait sumbangan Rp 2 triliun keluarga Akidi Tio
ILUSTRASI. Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang baru Dian Ediana Rae. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terkait sumbangan senilai Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio yang sedang hangat diperbincangkan, penelusuran Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengatakan jumlah uang yang tersimpan di rekening anak bungsu mendiang pengusaha Akidi Tio, Heriyanti, dan pihak terkait masih ditelusuri PPATK.

“Sejak rencana sumbangan ini dipublikasi, PPATK sangat menaruh perhatian karena profil penyumbang yang tidak sesuai dengan jumlah yang akan disumbangkan dan keterlibatan pejabat publik yang akan menerima (Kapolda Sumsel). Keterlibatan pejabat publik seperti ini memerlukan perhatian PPATK, agar tidak mengganggu nama baik yang bersangkutan dan institusi kepolisian,” ujar Kepala PPATK, Dian Ediana Rae kepada KONTAN, Kamis (5/8).

Dian menyampaikan, hingga siang ini pihaknya sudah melakukan analisis dan pemeriksaan. “Dan dapat disimpulkan kalau uang yang disebut dalam bilyet giro itu tidak ada, atau belum ada. Kita belum memastikan 100% bodong, masih ada beberapa hal yang PPATK sedang lakukan dan tunggu,” urainya.

Baca Juga: Buntut sumbangan Rp 2 triliun, Mabes Polri bentuk tim periksa Kapolda Sumsel

Dian juga menjelaskan bahwa hasil analisis PPATK dalam waktu dekat akan disampaikan ke Kapolri dan Kapolda Sumsel. “Mungkin saja ada transfer dana dari luar negeri, tapi ini juga masih spekulasi. PPATK juga sedang memonitor dana masuk dari luar negeri,” tambahnya.

Sekadar informasi, wacana sumbangan Rp 2 triliun diberikan secara simbolis oleh keluarga Akidi Tio di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (26/7). Acara penyerahan dihadiri Kapolda dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Sumbangan Rp 2 triliun itu disebutkan untuk penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan.

Selanjutnya: Kata PPATK terkait transaksi sebesar Rp 2 triliun dari anak Akidi Tio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×