Begini cerita tegangnya detik-detik sebelum Jalan Gubeng Surabaya ambles

Rabu, 19 Desember 2018 | 06:25 WIB Sumber: Kompas.com
Begini cerita tegangnya detik-detik sebelum Jalan Gubeng Surabaya ambles

Jalan Raya Gubeng Surabaya ambles


SURABAYA - SURABAYA. Peristiwa amblesnya sebagian Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, disaksikan Ali Topan, satpam kantor perwakilan Harian KOMPAS Jawa Timur, Selasa (18/12) malam.

Pada saat kejadian, Ali berada di kantor yang berlokasi sekitar 20 meter dari lokasi jalan yang ambles. "Sebelum ambles, saya seperti merasakan gempa dan suara bergemuruh," katanya.

Sekitar pukul 22.00 WIB, dia juga mendengar suara ledakan yang diketahui adalah suara ledakan travo listrik yang berada di depan kantor Bank BNI tepat di depan lokasi amblesnya jalan.

Setelah mendengar suara ledakan dan gemuruh, Ali Topan keluar dari kantornya dan menuju pusat suara gemuruh. "Banyak warga yang histeris dan menjauh dari lokasi jalan ambles. Banyak kendaraan berhenti dan memilih putar balik," ucapnya.

Ali Topan juga mengaku sempat menolong pengendara roda dua yang hampir jatuh ke lokasi jalan yang ambles. Lokasi jalan yang ambles lebih dari lebar jalan yang bisa digunakan oleh 4 kendaraan roda 4. Sementara panjangnya diperkirakan sekitar 10 meter.

Adapun kedalaman ambles diperkirakan lebih dari 15 meter. Hingga pukul 23.45, lokasi sudah disterilkan dari jarak 50 meter. Tim gabungan dari Satpol PP dan Linmas, pemadam kebakaran, polisi, TNI dan relawan Tagana Kota Surabaya terlihat sedang melakukan pendataan.

Akibat peristiwa itu, Jalan Raya Gubeng Surabaya ditutup total. Jalan menuju lokasi ambles juga mulai dibatasi hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua. (Kontributor Surabaya, Achmad Faizal)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Detik-detik Jalan Gubeng Surabaya Ambles, Suara Gemuruh dan Ledakan hingga Teriakan Histeris"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru