kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Syariah Mandiri sumbang bantuan Rp 2 miliar ke Lombok


Selasa, 21 Agustus 2018 / 16:47 WIB
Bank Syariah Mandiri sumbang bantuan Rp 2 miliar ke Lombok
Bank Mandiri Syariah sumbang bantuan korban gempa Lombok


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Mandiri (BSM) bersama Lembaga zakat nasional (Laznas) BSM Umat telah menyalurkan bantuan tanggap darurat korban gempa Lombok Nusa Tenggara Barat senilai lebih dari Rp 2 miliar.

Direktur BSM Putu Rahwidhiyasa bilang, bantuan tersebut disampaikan sebagai bentuk keprihatinan atas musibah gempa bumi yang melanda Lombok terutama pada fase tanggap darurat. “Kami ingin turut membantu meringankan beban saudara-saudara di Lombok,” jelas Putu dalam rilisnya kepada Kontan.co.id, Selasa (21/8).

BSM bersama Laznas BSM telah hadir pada musibah gempa pertama pada akhir Juli 2018. Sepekan kemudian, Lombok kembali diguncang gempa lebih besar pada awal Agustus 2018. BSM menurunkan tenaga medis dan relawan ke lokasi bencana.

Sebagai bukti kepedulian pada korban gempa, BSM mendirikan 3 posko perlindungan dan kesehatan 24 jam, dapur sehat, penyediaan air bersih dan sanitasi, sekolah darurat, 3 tim mobile clinic, masjid darurat, serta menggelar kegiatan trauma healing bagi anak-anak.

“Ada lebih dari 100 tenaga medis yang membantu terdiri dari dokter, perawat, apoteker, ahli gizi, relawan trauma healing dan relawan lapangan yang telah kami turunkan ke lokasi musibah,” kata Putu.

Posko perlindungan dan kesehatan berlokasi di Kantor BSM Mataram Jl. Hasanudin No.40 Mataram, Dusun Cupek, Desa Sigar Penjalin, Tanjung, Lombok Utara dan di Dusun Malempo, Desa Obel-obel, Sambelia, Lombok Timur.

“Di antara berbagai upaya bantuan yang telah kami lakukan, penyediaan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk seribu bayi balita setiap harinya adalah bantuan yang paling mendapat respon mengharukan,” jelas Putu. Penyediaan MPASI itu dilakukan oleh satu unit dapur utama dan dibantu empat dapur satelit.

Adapun untuk membantu menghilangkan trauma khususnya pada anak-anak BSM memberikan psychological first aid atau pertolongan psikologis untuk mengurangi trauma melalui kegiatan story telling, biblioterapi, aneka games.

Di lingkungan internal, BSM khusus menyelenggarakan doa bersama dan penggalangan dana. Saat ini terkumpul lebih dari Rp400jt dari seluruh stakeholders BSM mulai dari jajaran Direksi, pegawai, keluarga pegawai, bahkan nasabah BSM.

BSM mempunyai tiga Kantor Cabang (KC) dan empat Kantor Fungsional Operasi (KFO) di NTB. Sampai saat ini Layanan Kantor Cabang BSM dan seluruh jaringan elektronik seperti ATM, BSM Mobile, dan BSM Net Banking berjalan dengan normal. BSM juga menyiapkan mobil kas keliling.

Masih terkait gempa dan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, BSM juga menyiapkan 12 ekor sapi untuk daerah Lombok dan sekitarnya.

"Semoga yang sedikit kami lakukan dapat membantu meringankan korban bencana pada fase tanggap darurat ini. Dan semoga Allah SWT memberi kekuatan dan kesabaran untuk kita semua” tutupnya.

Untuk fase recovery, BSM juga sedang menghitung alokasi biaya serta program yang akan dibantu. Di antara yang menjadi prioritas adalah membantu pemulihan bangunan sekolah atau tempat pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×