Banjir rob kembali datang, warga Ancol Jakarta Utara bersiap-siap

Jumat, 05 Juni 2020 | 23:22 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Banjir rob kembali datang, warga Ancol Jakarta Utara bersiap-siap

ILUSTRASI. Warga mendorong mobil yang mogok saat melintasi banjir air rob di kawasan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (5/6/2020). Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) rob disebabkan oleh kondisi pasang air laut yang cukup tinggi


DKI JAKARTA - JAKARTA. Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara mengimbau warga untuk mengantisipasi kenaikan air laut atau banjir rob ke permukiman penduduk. Pantauan Jumat (5/6) sekitar pukul 21.00 WIB, menunjukkan, air laut mulai naik di Pelabuhan Sunda Kelapa di berbatasan dengan RW 08 Kelurahan Ancol.

Lurah Ancol Rusmin bersama petugas kelurahan mendatangi rumah warga untuk memberikan sinyal bahwa malam ini banjir rob akan kembali datang.

Selain itu, aliran listrik di pemukiman warga juga telah dimatikan untuk menghindari korsleting listrik. Warga juga diimbau untuk menyelamatkan diri masing-masing dan juga barang-barang milik mereka.

Baca Juga: Peringatan dini BMKG: Waspada, rob di pesisir Utara Jakarta dan Jawa

"Pak, Bu tolong barang-barang ya. Ini rob udah mau datang. Jangan lupa waspada listrik sama barang-barangnya diselamatkan," kata salah seorang petugas kepada warga, seperti dikutip Antara.

Rusmin mengatakan, Jumat malam merupakan kedua kalinya rob melanda permukiman warga. Untuk mengantisipasi itu, warga siap siaga, pihak kelurahan pun menyambangi warga untuk memberikan imbauan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat terutama yang bermata pencaharian dan beraktivitas di pesisir atau pelabuhan diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan upaya mitigasi terhadap potensi bencana rob.

Potensi terjadi untuk daerah-daerah pantai elevasi rendah seperti pesisir utara Jakarta, Pekalongan, Cirebon, dan Semarang. (Sandro Gatra)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kelurahan Ancol Imbau Warga Antisipasi Banjir Rob, Aliran Listrik Dimatikan",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru