Agar tak lagi tersesat, ini tiga langkah menggunakan Google Maps

Senin, 08 Juli 2019 | 02:05 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
 Agar tak lagi tersesat, ini tiga langkah menggunakan Google Maps


TEKNOLOGI - JAKARTA. Waktunya Anda ucapkan selamat tinggal pada kata "Tersesat". Karena, Google Maps akan memandu penggunanya berkeliling kota hingga dunia.

Dengan sambungan internet, Google Maps akan memandu penggunanya menuju lokasi yang diinginkan. Bahkan, aplikasi penunjuk jalan ini dapat menginformasikan kondisi jalan menuju lokasi.

Sehingga, pengguna dapat mencari jalan alternatif menuju lokasi. Kelebihan lainnya adalah Google Maps dapat memperkirakan waktu tempuh menuju lokasi (dari tempat pengguna memulai perjalanan).

Perlu dicatat, selain membutuhkan sambungan internet, Google Maps hanya dapat dioperasikan menggunakan smartphone. 

Cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis, pertama, Anda buka aplikasi Google Map yang ada di dalam smartphone. Bila Anda belum memasang aplikasi penunjuk arah ini di ponsel, unduh melalui Google Play atau APP Store. Anda pastikan ponsel pintar tersambung dengan internet selama proses mengunduh WhatsApp.

Kedua, Anda ketikkan lokasi yang hendak dituju pada kolom pencari yang berada di bagian atas layar. Opsi lainnya, Anda dapat ketuk ikon mic yang terdapat di sudut kanan atas halaman Google Maps.

Kemudian, layar ponsel akan menampilkan "Google try say something". Anda cukup sebutkan nama lokasi yang diinginkan. Secara otomatis Google Maps akan menunjukkan arah menuju lokasi yang Anda sebutkan.

Sekedar info, Google Maps tidak hanya memandu Anda untuk menuju lokasi. Google Maps juga memberikan informasi tentang kondisi jalanan dengan menggunakan simbol warna.

Warna biru menunjukkan jalanan lancar, warna merah menandakan macet, dan orange artinya jalanan padat kendaraan.

Ketiga, Anda ketuk "Start" saat perjalanan akan dimulai. Selama perjalanan Google Maps bakal memandu Anda sampai ke tempat tujuan.

Namun, Anda harus pastikan ponsel pintar selalu terhubung dengan internet. Jika tidak, Google Maps akan berhenti menunjukkan jalan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru