kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agar kocek kembali normal usai libur Lebaran 


Kamis, 21 Juni 2018 / 11:46 WIB
Agar kocek kembali normal usai libur Lebaran 
ILUSTRASI. Keuangan syariah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Libur panjang lebaran hampir usai. Momen libur panjang, bagi para pekerja maupun karyawan, mampu menyegarkan pikiran dan badan karena bertemu sanak saudara sekaligus juga berwisata di daerah. 

Namun, sudah pasti, selama liburan kondisi keuangan juga biasanya berubah drastis. Anggaran biasanya membengkak secara dadakan. Apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa menyiapkan dana liburan jauh-jauh hari. Tak heran, banyak hal yang perlu diatur kembali setelah liburan, salah satunya urusan pengeluaran keuangan.

Anita, Direktur Utama PT Reliance Sekuritas Indonesia (RELI), tak memungkiri, urusan memulihkan anggaran pasca liburan, bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi bagi mereka yang mengandalkan pemasukan bulanan saja seperti gaji, dalam hal ini para karyawan. 

Toh, baik karyawan atau ibu rumah tangga, urusan mengelola keuangan pasca liburan, tetap harus mendapat perhatian lebih. Jangan sampai, usai liburan justru terbebani persoalan pengelolaan anggaran. 

Kata Anita, agar momen liburan di masa datang semakin terkelola dengan baik, evaluasi satu per satu anggaran yang sudah digunakan di momen liburan kali ini. Harus disiplin, terbuka dalam mengelola keuangan.  

"Semakin cepat kondisi keuangan kita pulih seperti sedia kala usai liburan, maka semakin cepat pulalah kita bisa mulai lagi merencanakan liburan namun dengan lebih terperinci, dan bisa menyiapkan jauh-jauh hari, " ucap Anita melalui keterangannya, Kamis (21/6).

Nah, salah satu yang bisa dilakukan agar keuangan tetap terjaga semasa liburan, selalu batasi penggunaan kartu kredit. 

"Ketika jalan-jalan liburan, usahakan jangan menggunakan kartu kredit, namun gunakan anggaran yang sudah dialokasikan. Kalau pun terpaksa memakai kartu kredit, ingat langsung lunasi, agar tidak jadi beban di bulan-bulan berikutnya," ucap Anita.  

Hal berikutnya, selalu disiplin mengikuti anggaran yang sudah disusun. Jangan sampai, momen liburan justru over budget, melebihi alokasi yang sudah disiapkan. Kata Anita, tak ada salahnya lebih pelit pada diri sendiri daripada di kemudian hari justru jadi beban. 

Memang, tidak bisa dipungkiri, terkadang ada pengeluaran tak terduga yang membuat kita mengeluarkan uang melebihi batas anggaran liburan. Biasanya, hal itu terjadi karena ada momen-momen yang seakan tidak bisa ditolak antara lain ketika barang-barang yang sebelumnya sudah diincar, ternyata sedang didiskon atau dari sisi harga. 

Jika ini terjadi, kata Anita, segera kembalikan dana yang terpakai itu lebih dulu dengan memotong anggaran belanja. Jangan sampai justru menggunakan dana simpanan alias tabungan untuk menutupnya. 

"Tidak kalah penting, selama liburan, selalu catat, uang sudah dikeluarkan digunakan untuk apa saja. Ini perlu dilakukan agar bisa dilakukan evaluasi agar di momen libur berikutnya bisa lebih disiplin, minimalkan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting," tegas Anita .

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan, ketika budget liburan sudah melebihi, ketika masuk kantor selalu bawa bekal dari rumah dan hindari membeli makanan di luar karena dari sisi harga biasanya lebih mahal. Dengan begitu, isi dompet seusai liburan tidak terlalu kering dan bisa memulihkan lagi dana yang sudah terpakai melebihi pos anggaran dengan lebih cepat. Berhemat tentu saja langkah tepat.  




TERBARU

[X]
×