Ada 367 acara pariwisata siap manjakan turis di Jawa Timur tahun 2019

Kamis, 24 Januari 2019 | 11:25 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Ada 367 acara pariwisata siap manjakan turis di Jawa Timur tahun 2019


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan Calendar of Event 2019. Ada sebanyak 367 event budaya dan pariwisata yang akan diselenggarakan oleh 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur selama satu tahun.

Dari 367 event tersebut terdapat beberapa event yang dipilih oleh Tim Kurator Kementerian Pariwisata. Event-event itu seperti Majapahit International Travel Fair, Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo, Jember Fashion Carnival, Malang Flower Festival, International Tour de Banyuwangi Ijen dan masih banyak lagi.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan event tahunan yang diselenggarakan berbagai daerah termasuk Jawa Timur.

Dia mengatakan Jawa Timur, ada 8 dari 100 event yang ditetapkan sebagai agenda nasional. Event tersebut telah terpilih melalui kurasi yang ketat berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Event terpilih harus mempunyai Creative Value, Commercial Value, Communication Value, serta CEO Commitment.

"Event terpilih merupakan rangkuman event terbaik yang dimiliki Indonesia yang terdiri dari 10 Top Event serta 100 Wonderful Event. Karena semua telah menjalani kurasi yang ketat dengan standar event internasional. Sehingga menjadi atraksi yang dapat mengundang wisatawan lebih banyak lagi," ujar Menpar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (24/1).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto mengatakan semua produk dan event pariwisata yang dipersembahkan oleh Provinsi Jawa Timur merupakan yang terbaik dan memiliki daya tarik pariwisata.

Jumlah kunjungan wisman dan wisnus pun kian bertambah. Tercatat jumlah wisman yang datang ke Jawa Timur pada tahun 2017 yakni 624.721. Sementara tahun 2018, wisman mencapai 690.509 dan wisnus sebanyak 70.217.182.

"Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ini terjadi seiring sejumlah perbaikan yang terus dilakukan di Jaww Timur. Perbaikan yang dimaksud antara lain peningkatan kualitas atraksi pariwisata, penambahan jumlah amenitas serta pertambahan akses.

Target kunjungan wisman tahun 2019 yakni 1 juta. Sedangkan target kunjungan wisnus tahun 2019 yakni 55.761.496 sudah terlampaui pada tahun 2018. Melihat ini, kami optimistis target kunjungan wisman akan tercapai," ujar Sinarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru