Ada 18 jabatan kosong, Pemprov DKI Jakarta gelar seleksi terbuka

Selasa, 26 Februari 2019 | 18:04 WIB   Reporter: Handoyo
Ada 18 jabatan kosong, Pemprov DKI Jakarta gelar seleksi terbuka


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk mengisi jabatan yang kosong. Diketahui ada 18 jabatan yang kosong di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

16 jabatan yang kosong yakni jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II, sementara 2 jabatan lainnya adalah jabatan pimpinan tinggi madya atau eselon I. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir mengatakan, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menggelar seleksi terbuka 16 jabatan eselon II. 

Koordinasi dilakukan sesuai perintah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. "Kita berkoordinasi dulu dengan KASN. Kalau sudah koordinasinya, rekomendasinya boleh, baru kita buka (lelang jabatan)," ujar Chaidir saat dihubungi, Selasa (26/2). 

Chaidir menyampaikan, semua ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan wajib mengikuti seleksi terbuka ini. Selain jabatan eselon II, Pemprov DKI juga menggelar seleksi terbuka untuk jabatan eselon I, yakni deputi gubernur. 

Meskipun hanya dua jabatan yang kosong, lelang jabatan itu dibuka untuk tiga posisi, yakni Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan; Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman; dan Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi. 

Chaidir menyampaikan, jabatan Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan serta Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman saat ini kosong dan diisi pelaksana tugas (Plt). 

Sementara Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi saat ini dijabat oleh Sutanto Soehodho. Sutanto sudah menempati posisi itu selama 9 tahun. 
"Sesuai ketentuan Undang-Undang ASN dan PP 11/2017 tentang Manajemen Kepegawaian, ketika jabatan pimpinan tinggi lebih dari lima tahun, harus dilakukan evaluasi. Beliau sudah 9 tahun, maka dievaluasi," kata Chaidir. 

Menurut Chaidir, Sutanto bisa mengikuti kembali seleksi terbuka untuk jabatannya saat ini. Bila terpilih, Sutanto akan dilantik kembali sebagai Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi. 

Proses seleksi untuk tiga jabatan deputi tersebut saat ini sedang berlangsung. ASN di seluruh Indonesia yang memenuhi syarat bisa mengikuti seleksi tersebut. "Seleksi terbuka ini ada yang untuk ASN nasional, ada yang DKI. Kalau eselon II ini DKI semua, kecuali deputi (boleh ASN di luar DKI)," ucap Chaidir. 

Adapun 16 jabatan eselon II yang akan dilelang yakni: 
1. Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) 
2. Kepala Badan Pembinaan BUMD 
3. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) 
4. Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan 
5. Kepala Dinas Sumber Daya Air 
6. Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan 
7. Kepala Dinas Lingkungan Hidup 
8. Kepala Dinas Perindustrian dan Energi 
9. Kepala Dinas Perhubungan 
10. Kepala Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup 
11. Kepala Biro Perekonomian 
12. Kepala Biro Administrasi 
13. Direktur Utama RSUD Pasar Rebo 
14. Direktur Utama RSUD Cengkareng 
15. Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah 
16. Sekretaris Kota Jakarta Selatan

(Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "18 Jabatan Kosong, Pemprov DKI Gelar Seleksi Terbuka"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru