kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Perpustakaan terbesar di dunia


Rabu, 04 Mei 2016 / 12:00 WIB
5 Perpustakaan terbesar di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Buku merupakan jendela ilmu untuk para pembacanya. Melalui buku kita dapat mengetahui banyak informasi. tidak heran bila buku merupakan sesuatu yang melambangkan pengetahuan. Tidak heran juga bila banyak pribadi-pribadi, perusahaan, lembaga atau departemen yang membangun sebuah perpustakaan sebagai wadah dari jendela ilmu tersebut. Disamping menyajikan koleksi yang beragam atau bahkan spesifik, tentu gedung perpustakaan yang dibangunnya pun sangat diperhatikan keindahannya, walau pun tentu saja, keindahan serta kemegahan sebuah bangunan perpustakaan bukanlah cara satu-satunya untuk memajukan perpustakaan. Tetapi lebih kepada image saja. Berikut adalah 5 perpustakaan terbesar yang ada di dunia versi Kontan.

Nama : National Library of China
Alamat : 33 Zhongguancun S St, Haidian, Beijing, Tiongkok
Tahun berdiri : Tanggal 09 September 1909
Jumlah koleksi : 33,8 juta item  dan 22 juta judul buku
Pemakai : 1 juta perngunjung per tahun
Keterangan : - Perpustakaan pertama yang memiliki stok buku terlengkap di dunia adalah sebuah perpustakaan yang ada di negara China. Di negara China tepatnya di pusat negara ini ada sebuah perpustakaan yang benama National Library of China yang merupakan perpustakaan terbesar dari China. Perpustakaan ini memang disesuaikan dengan masa pendidikan di China yang semakin berkembang sehingga segala buku dari segala ilmu apapun ada di perpustakaan ini. Sejak berdiri pada tahun 1909, perpustakaan ini sudah memiliki stock buku mencapai 22 juta buku. Tidak hanya dalam segi banyaknya buku dan lengkap, namun juga dari adanya sebuah kenyamanan tempat membuat banyak pembaca akan merasa betah.
    - Salah satu perpustakaan terbesar yang ada di Asia dan terletak di Beijing, China. Tidak hanya berisikan koleksi literatur China mulai dari teks hingga tulisan kuno, perpustakaan ini juga mempunyai koleksi terbesar buku berbahasa asing, yakni lebih dari 115 bahasa.
    - Awalnya, tujuan pembangunan dari National Library of China adalah untuk melakukan riset terkait kebijakan umum. Kini perpustakaan tersebut dikunjungi sekitar 1 juta pengunjung  setiap tahunnya.  Hal lain yang menjadi daya tarik perpustakaan ini adalah karena literatur-literatur kuno yang ada tidak hanya dituliskan secara biasa. Sebagian ditulis atau diukir secara langsung pada tengkorak atau cangkang kura-kura.
Sumber Foto : nlc.cn

Nama : Russian State Library
Alamat : Vozdvizhenka St, 3/5, Moscow, Rusia, 119019
Tahun berdiri : Tahun 1784
Jumlah koleksi : 44,4 juta bahan pustaka
Pemakai : 1,17 juta pengunjung per tahun
Keterangan : - Russian State Library merupakan perpustakaan nasional Rusia dan perpustakaan terbesar keempat di dunia. Berlokasi di Moskow, perpustakaan yang didirikan pada 1862 ini memiliki sekitar 44,4 juta item. Sejak tahun 1925, perpustakaan ini dinamakan V. I. Lenin State Library dan pada tahun 1992, nama perpustakaan tersebut diubah menjadi Russian State Library.
    - Perpustakaan ini mempekerjakan 1972 staf dan dikunjungi sekitar 1,17 juta orang setiap tahun. Pengunjung yang berusia di atas 18 tahun, baik itu warga Rusia atau bukan, diperbolehkan menggunakan 34 ruang baca di perpustakaan tersebut. Jumlah pengunjung Russian State Library mencapai sekitar 4000 orang setiap hari.
    - Perpustakaan Negeri Rusia dianggap sebagai perpustakaan terbesar di Eropa dan terbesar kedua di dunia setelah Perpustakaan Kongres Amerika Serikat. Perpustakaan ini menyimpan 43 juta bahan termasuk 15,9 juta buku dan 13,1 juta majalah dalam 247 bahasa dunia. Terdapat tujuh belas ruang baca yang mampu menampung hingga 2.100 orang di perpustakaan ini, termasuk Pusat Sastra Timur. Sejumlah empat ribu pengunjung datang ke perpustakaan ini dalam sehari.[
Sumber Foto : nlr.ru

Nama : National Diet Library
Alamat : 1 Chome-10-1 Nagatacho, Chiyoda, Tokyo 100-8924, Jepang
Tahun berdiri : Tanggal 25 Pebruari 1948
Jumlah koleksi : 35,6 juta bahan pustaka
Pemakai : 1 juta perngunjung per tahun
Keterangan : - Perpustakaan Parlemen Jepang (Kokuritsu Kokkai Toshokan, bahasa Inggris: National Diet Library, disingkat NDL) adalah perpustakaan yang memberi layanan referensi bagi Parlemen Jepang, lembaga eksekutif, dan masyarakat umum di Jepang. Perpustakaan ini adalah perpustakaan parlemen yang membantu parlemen dalam membuat undang-undang, sekaligus perpustakaan nasional (perpustakaan deposit) yang mengumpulkan dan menyimpan semua terbitan yang diterbitkan di Jepang.
    - National Diet Library menjadi perpustakaan terbesar di Asia. National Diet Library menjadi satu-satunya perpustakaan nasiona di Jepang. Terdiri dari dua cabang utama di Tokyo dan juga Kyoto, serta 27 cabang lain yang tersebar di negeri matahari terbit ini.  Sedikitnya mengoleksi 35,6 juta item koleksi buku dan banyak sekali mengoleksi dokumen resmi terkait Perang Dunia dan juga literatur kuno Jepang, asli dari perpustakaan kerajaannya.
    - Koleksi di Gedung Utama Tokyo dan Gedung Kansai dapat dimanfaatkan oleh pemakai berusia 18 tahun ke atas. Sementara itu, Perpustakaan Internasional Bacaan Anak dapat dikunjungi oleh pemakai semua umur. Di pintu masuk gedung utama di Tokyo, pemakai diberi kartu masuk. Kartu masuk berisi IC, dan hanya berlaku untuk 1 hari. Kartu masuk didapat setelah memasukkan data sesuai kartu pengenal ke dalam komputer. Pemakai yang memiliki kartu anggota hanya perlu memasukan kata sandi untuk mendapatkan kartu masuk. Dengan membawa kartu masuk, pemakai dapat mencari bahan pustaka di katalog, meminta diambilkan bahan pustaka, atau dibuatkan fotokopi.
Sumber Foto : ndl.go.jp

Nama : Library of Congress
Alamat : 101 Independence Ave, SE. Washington, DC 20540
Tahun berdiri : Tangga; 24 April 1800
Jumlah koleksi : 151,8 juta bahan pustaka dan 32 juta judul buku
Pemakai : 535 anggota Kongres Amerika Serikat, staf, dan masyarakat umum
Keterangan : - Library of Congress memiliki koleksi koleksi buku yang diperkirakan mencapai 151,8 juta item. Tidak mengherankan jika pustaka ini menjadi perpustakaan nasional Amerika Serikat. Perpustakaan ini menempati 3 buah gedung di Washington, D.C dan berdiri pada 24 April 1800 pada masa pemerintahan Presiden John Adams
    - Perpustakaan ini berfungsi sebagai perpustakaan deposit untuk perlindungan dan pendaftaran hak cipta. Semua penerbit di AS diwajibkan untuk menyerahkan dua salinan hasil terbitannya ke Perpustakaan Kongres yang disebut wajib simpan.  Bila terbitan tidak diterbitkan untuk umum, penerbit hanya wajib menyerahkan satu salinan dari karya tersebut. Pada hari kerja, perpustakaan menerima hampir 22.000 terbitan baru. Walaupun demikian, tidak semua terbitan bisa dimasukkan ke dalam koleksi. Setiap harinya hanya sekitar 10.000 terbitan yang dianggap layak. Terbitan yang ditolak dipakai sebagai bahan tukar menukar dengan perpustakaan lain di seluruh dunia, didistribusikan ke badan-badan pemerintah federal, atau disumbangkan ke sekolah, komunitas, dan organisasi lain di AS.
    - Perpustakaan Kongres terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melakukan penelitian akademis, dan tersedia tur bagi pengunjung yang berminat. Pemakai memerlukan "Kartu Identitas Pembaca" untuk bisa memasuki ruang baca dan melihat koleksi. Pemakai yang berusia minimum 16 tahun bisa mendapatkan kartu tersebut di Gedung Madison. Identitas pemakai dibuktikan dengan memperlihatkan kartu pengenal yang diterbitkan pemerintah (misalnya Surat Izin Mengemudi, kartu pengenal yang diterbitkan negara bagian, atau paspor).
Sumber Foto : www.loc.gov

Nama : British Library
Alamat : 96 Euston Rd, London NW1 2DB, Inggris
Tahun berdiri : tahun 1795
Jumlah koleksi : 170 juta bahan pustaka dengan 14 juta judul buku
Pemakai : 5,6 juta pengunjung tiap tahun
Keterangan : - Jumlah koleksi buku di British Library ini memang membuatnya menjadi perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan nasional United Kingdom (UK) ini setiap tahun selalu bertambah  sebanyak 3 juta itemyang berasal dari berbagai negara. Selain itu, British Library juga telah mengkonversi sebagian buku-bukunya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diakses secara online. Fasilitas “Online Gallery” di situs resminya (www.bl.uk) menyediakan akses ke lebih dari 30.000 file dari berbagai jenis buku. Dengan berbagai fasilitas dan koleksi buku-bukunya, British Library merupakan salah satu tempat yang paling baik untuk belajar dan membaca buku.
    - Perpustakaan Nasional ini dikelola oleh Departemen Kebudayaan, Media dan Olahraga Inggris dan berlokasi di sisi utara Euston Road di St. Pancras, London. Siapa pun bisa berkunjung ke perpustakaan ini untuk melihat koleksi dan layanan yang ada di sana. Ada sebuah fakta unik tentang British Library. Jika dalam satu hari kita bisa membaca 5 koleksi, maka untuk menyelesaikan bacaan koleksi yang ada di British Library ini dibutuhkan 80.000 tahun untuk melihat keseluruhan koleksi perpustakaan terbesar dunia ini.
    - London memiliki banyak bangunan penting yang menjadi landmark, sebagian besar difungsikan sebagai gedung pemerintahan atau museum, namun ada satu bangunan yang dipergunakan sebagai perpustakaan. Gedung tersebut adalah British Library, perpustakaan nasional Inggris. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 150 juta koleksi yang berupa buku, manuskrip, naskah, dokumen, jurnal, majalah, koran, rekaman suara dan musik, video, peta, prangko atau gambar, baik itu dalam bentuk cetak atau digital. Terletak di sisi utara Euston Road daerah St Pancras, London, British Library adalah perpustakaan terbesar dan paling penting di Inggris.
Sumber Foto : www.bl.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×