2 Menteri Sosialisasikan soal ganjil-genap di gerbang Tol Bekasi Barat

Senin, 05 Maret 2018 | 15:18 WIB Sumber: Kompas.com
2 Menteri Sosialisasikan soal ganjil-genap di gerbang Tol Bekasi Barat

ILUSTRASI. Gerbang tol Bekasi Barat


LALU LINTAS - BEKASI. Seminggu jelang diberlakukannya tiga kebijakan untuk mengurai kemacetan dari Bekasi ke Jakarta, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Gerbang Tol Bekasi Barat, Senin (5/3).

Setelah melakukan rapat bersama pihak-pihak terkait, antara lain Jasa Marga, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), kepolisian, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, serta pemerintah daerah, kedua menteri itu kemudian menengok persiapan di Gerbang Tol Bekasi Barat.

Saat berada di gerbang tol Bekasi Barat, Luhut dan Budi membagi-bagikan pamflet pemberitahuan mengenai kebijakan tersebut. 

"Tolong di baca ya, Pak, tanggal 12 Maret nanti ada kebijakan ganjil genap di sini," kata Budi kepada salah seorang pengendara yang lewat.

Saat ditemui usai peninjauan, Luhut mengungkapkan kebijakan tersebut sudah dibuat dengan permodelan komputer. "Ini adalah pilot project yang berusaha membuat flow kendaraan efisien dan bagaimana tidak merusak jalan akibat tonase berlebihan. Itu bisa dibaca dengan komputer dan ini belum pernah dilakukan sebelumnya.

Tentu ke depannya kami akan evaluasi dan memikirkan langkah berikutnya untuk mengatur lalu lintas lebih baik lagi," kata Luhut. "Dengan pemberlakukan tiga kebijakan ini, ketika dilaksanakan nantinya kita harapkan bisa mengurangi kemacetan hinga 30% - 40%. Kami berharap dengan kehadiran Pak Menko juga, sosialisasi kebijakan ini untuk 12 Maret mendatang dapat berlangsung dengan baik dan pada saat penerapan masyarakat sudah tahu," kata Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Menteri Sosialisasikan soal Ganjil-Genap di Gerbang Tol Bekasi Barat", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/05/12092181/2-menteri-sosialisasikan-soal-ganjil-genap-di-gerbang-tol-bekasi-barat. 
Penulis : Setyo Adi Nugroho
Editor : Egidius Patnistik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru