kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WWF: Karhutla mengancam eksistensi satwa di hutan Sumatera


Rabu, 18 September 2019 / 19:40 WIB
WWF: Karhutla mengancam eksistensi satwa di hutan Sumatera
ILUSTRASI. Petugas Ditjen Penegakan Hukum KLHK menyegel lahan di Kabupaten Pelalawan, Riau


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga berdampak kepada satwa hutan Indonesia. Dikonfirmasi oleh Directur Policy dan Advocacy WWF-Indonesia, Aditya Bayunanda, pendekatan per spesies hewan tersebut di suatu daerah bisa dikatakan mengkhawatirkan. 

Meski, tutur Aditya, pihaknya belum mengetahui secara menyeluruh data satwa Indonesia yang terancam karhutla. "Satwa yang terancam agak sulit datanya, karena mungkin kita lihat dari konteks habitat. Misal gajah di Sumatera terancam karena habitatnya juga sedang terancam," ujar Aditya di Jakarta, Kamis (17/9). 

Aditya yang akrab disapa Dito menjelaskan bahwa pada dasarnya ancaman terbesar spesies endemik suatu daerah itu bukanlah perburuan, melainkan habitatnya. Hal inilah yang menjadikan indikasi kebakaran akan menambah ancaman bagi satwa untuk bertahan, jika habitat mereka juga dilahap oleh api dan terbakar. 

Baca Juga: Dampak kabut asap di Sumatera dan Kalimantan diklaim sudah menurun

"Konflik kebakaran akan menghilangkan juga habitat mereka (satwa-satwa tersebut di alam). Makanya mereka (satwa) bisa ada konflik juga dengan masyarakat, lebih terancam lagi juga," kata Dito. 

Contoh sederhana, lanjut Dito, ialah gajah Sumatera. Jika habitat alami satwa ini terganggu di alam, maka gajah akan mencoba mencari vegetasi baru yaitu perkebunan milik warga. Di situlah konflik timbul. 

Ketika gajah ingin bertahan hidup namun masyarakat menganggapnya sebagai hama, maka perburuan ataupun pertikaian antara manusia dan gajah sangat bisa terjadi. 

Dijelaskan oleh Dito bahwa Sumatera saat ini sangat sedikit hutan alamnya. Di Sumatera bagian tengah hanya tersisa di daerah penyangga Bukit Tigapuluh, Jambi. "Semakin kecil lahan, semakin cepat juga satwa di alam akan mengalami kepunahan," tutur Dito. 

Baca Juga: Banyak titik api di wilayahnya, Gubernur Kalbar larang 4 Bupati ke luar daerah

Hal itu juga terjadi saat satwa berusaha diselamatkan atau dievakuasi, namun tidak ada tempat bahkan kesulitan untuk mencari tempat melepaskannya kembali. Inilah yang menjadikan hewan yang direhabilitasi tidak bisa berkembang dan tetap di tempat rehabilitasi. 

Selanjutnya, Dito juga mengatakan bahwa WWF yang bekerjasama dengan PT ABT yang merupakan Restorasi Ekosistem (RE) berupaya menjaga kawasan hutan yang tersisa. Serta melindungi area konservasi yang menjadi rumah bagi masyarakat, termasuk Suku Anak Dalam dan rumah bagi harimau dan gajah Sumatera. (Ellyvon Pranita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Karhutla Ancam Eksistensi Satwa di Hutan Sumatera"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×