kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Work from home bikin lalu lintas tol turun 15% per hari


Selasa, 24 Maret 2020 / 22:24 WIB
Work from home bikin lalu lintas tol turun 15% per hari
ILUSTRASI. Foto udara suasana jalan tol dalam kota dan Jalan Letjen Gatot Subroto?di kawasan Semanggi, Jakarta, Senin (23/3/2020) siang. Kondisi lalu lintas pusat kota Jakarta terlihat lebih lengang usai pemerintah menganjurkan?bekerja dari rumah atau?work from home


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mencatat penurunan trafik jalan tol. Penurunan tersebut terjadi khususnya sejak pemerintah mengeluarkan imbauan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Sekretaris Jenderal Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Kris Ade Sudiyono menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum memiliki data komprehensif terkait pengaruh Covid-19 terhadap penurunan lalu lintan di jalan tol. Meski begitu, kebijakan WFH menjadi faktor yang ikut berkontribusi terhadap penurunan lalu lintas kendaraan di jalan tol.

Baca Juga: Proyek Infrastruktur Belum Terguncang Wabah Corona

Menurut Kris, penurunan pada minggu-minggu awal berada di kisaran 3%-5% per hari. Namun, penurunan tersebut mulai meningkat menjadi 10%-15% per hari.

"Kami masih menunggu update kondisi traffic terbaru," kata Kris kepada Kompas.com, Selasa (24/3). Dia menambahkan, dampak penurunan yang paling terasa adalah jaringan yang didominasi oleh lalu lintas para pengguna komuter.

Sebelumnya, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) Dwimawan Heru mengungkapkan, pada periode 16-18 Maret 2020 secara umum terjadi penurunan arus lalu lintas di jalan tol yang dikelola oleh emiten pelat merah ini. "Contohnya Jalan Tol Sedyatmo (Bandara) dan Jalan Tol Bali-Mandara. Namun, juga ada beberapa ruas jalan tol yang lalinnya turun tidak signifikan, serta ada ruas yang relatif normal," ujar Dwimawan kepada Kompas.com, Jumat (20/3).

Baca Juga: Terhenti sementara, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dilanjutkan kembali

Namun Dwimawan enggan merinci penurunan trafik yang terjadi di ruas yang dikelola oleh Jasa Marga. Selain itu, guna mencegah penularan virus Covid-19, Kris mengungkapkan, saat ini pihaknya menerapkan berbagai protokol penanganan dan pencegahan Covid-19 telah disiapkan.

Pencegahan tersebut berupa melengkapi petugas dengan perlengkapan standar keselamatan, melakukan penyemprotan disinfektan secara berkesinambungan, serta melengkapi diri dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam kondisi darurat. (Rosiana Haryanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Work From Home" Bikin Lalu Lintas di Tol Turun 15 Persen Per Hari.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×