kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, sejumlah wilayah bakal dilanda hujan deras, angin kencang, disertai petir


Senin, 11 November 2019 / 12:22 WIB
Waspada, sejumlah wilayah bakal dilanda hujan deras, angin kencang, disertai petir
ILUSTRASI. Langit mendung. ANTARA FOTO/Yusran Uccang/hp.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai curah hujan berintensitas tinggi disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia, beberapa waktu ke depan. Hal itu imbas dari melemahnya intensitas siklon tropis "NAKRI" di Laut Cina Selatan.

"Daerah pertemuan dan belokan angin diidentifikasi terbentuk di wilayah Sumatra, Kalimantan dan Jawa," ujar Deputi Metereologi BMKG Mulyono R Prabowo yang dilansir dari www.setkab.go.id, Senin (10/11/2019).

Akibatnya, angin timur di selatan ekuator turut mengalami pelemahan dan dapat meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia yang masuk ke wilayah Indonesia. Mulyono menuturkan, kondisi atmosfer yang tidak stabil tersebut turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan.

Daerah yang akan mengalami cuaca tersebut pada periode 11 hingga 14 November, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Delatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Papua. Sedangkan periode 15 November hingga 17 November, yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kalimantan Utara dan Papua.

Baca Juga: Ini daerah-daerah yang diperkirakan mengalami curah hujan lebat disertai petir

Selain potensi hujan deras, potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter pada periode 11-17 November 2019 diperkirakan juga berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Simeulue hingga Kepulauan Mentawai. Kemudian, disusul Pulau Enggano, peraian barat Lampung, selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa sampai Pulau Lombok.

Terakhir Samudra Hindia barat Sumatra hingga selatan NTB. "Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Misalnya banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," terang Mulyono.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada, Sepekan ke Depan Diprediksi Hujan Angin Disertai Petir"
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Fabian Januarius Kuwado

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×