kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,07   4,43   0.48%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres berharap 181 juta orang indonesia dapat menerima vaksin hingga akhir 2021


Selasa, 06 April 2021 / 13:09 WIB
Wapres berharap 181 juta orang indonesia dapat menerima vaksin hingga akhir 2021
ILUSTRASI. Wakil Presiden Ma'ruf Amin?menerima vaksin Covid-19 dosis kedua, Rabu (17/3).


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan ke 181 juta orang hingga akhir 2021. Hal ini supaya kekebalan kelompok dapat tercapai.

"Harapannya hingga akhir tahun ini vaksinasi dapat diberikan kepada 181 juta orang atau 70% penduduk, untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity," ujar Ma'ruf dalam Forum Indonesia Bangkit - Strategi Sektor Kesehatan Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi, Selasa (6/2).

Adapun, Indonesia telah memulai proses vaksinasi sejak Januari 2021 dan sampai 31 Maret 2021 telah dilakukan vaksinasi kepada lebih dari 8 juta orang dan lebih dari 3,6 juta orang telah memperoleh vaksinasi lengkap atau 1,3% dari jumlah penduduk. Secara keseluruhan, sudah ada 11,6 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan.

Mengutip dari data our world in data, MA'ruf juga mengatakan bahwa Indonesia termasuk 9 besar negara yang telah melakukan vaksinasi. "Namun karena jumlah penduduk kita besar, rasio dosis vaksinasi per 100 penduduk baru sekitar 4,2 orang di bawah rata-rata dunia 7,4 orang," kata Ma'ruf.

Baca Juga: Cara mudah membedakan masker medis asli dan palsu agar tidak tertipu produk abal-abal

Lebih lanjut, Ma'ruf juga mengatakan, untuk mencapai herd immunity, terdapat tantangan dan tugas yang harus dilakukan pemerintah, masyarakat hingga berbagai tokoh. Hal ini yakni menyampaikan informasi yang benar dan masif juga mengajak masyarakat untuk menerima vaksinasi Covid-19.

Apalagi menurutnya, vaksinasi yang dilakukan sejauh ini pun telah teruji mampu menahan laju penyebaran Covid, teruji aspek keamanannya oleh BPOM, dan telah dinyatakan boleh digunakan oleh Majelis Ulama Indonesia.

Ma'ruf mengatakan, keberhasilan program vaksinasi akan memberikan rasa optimis semua pihak terhadap pemulihan kesehatan. Hal ini pun akan diikuti dengan pemulihan ekonomi.

Selanjutnya: Arab Saudi: Hanya jamaah yang sudah divaksin yang diizinkan umrah ke Mekkah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×