kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wamendag tekankan inovasi produk untuk tingkatkan ekspor


Kamis, 03 September 2020 / 17:47 WIB
Wamendag tekankan inovasi produk untuk tingkatkan ekspor
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto bersama Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga; Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo; Sekretaris Jenderal Kemendag, Suhanto; Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) melepas ekspor 20 ton bawang goreng ke Malaysia beberapa hari lalu. Pelepasan ekspor ini menandakan bahwa peluang ekspor masih terbuka lebar asal inovasi terus dilakukan.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga yang bersama Menteri Perdagangan Agus Suparmanto ikut dalam pelepasan ekspor bawang goreng tersebut.

"Kelihatannya sederhana, tetapi semua produk sebenarnya terletak pada bagaimana ia diinovasikan sehingga punya nilai tambah, termasuk bawang ini. Semua pada dasarnya punya peluang ekspor, asal ada nilai tambah sehingga konsumen memang akhirnya membutuhkan produk tersebut," katanya dalam siaran pers, Kamis (3/9/2020).

Jerry mengatakan bahwa inovasi dilakukan dalam beberapa tahap produk yaitu dalam produksi, penanganan pasca produksi, pengemasan, pemasaran dan pengiriman. Fokus Kementerian Perdagangan, katanya adalah mendorong dan membantu inovasi dalam pengemasan, pemasaran dan pengiriman.

Baca Juga: Harga pangan bulan Agustus tidak bergejolak kendati ada libur panjang

Lebih lanjut Wamendag mengemukakan bahwa inovasi dalam produk komoditas Indonesia, khususnya komoditas pertanian akan menguntungkan bukan hanya perluasan akses pasar tetapi juga akan mengangkat kesejahteraan petani dan mereka yang bekerja di sektor tersebut.

“Sekarang bayangkan, dalam panen raya bawang merah di Brebes, kadang kala harganya jatuh sehingga petani rugi, mereka yang bekerja sebagai buruh juga ikut terdampak. Semua terdampak. Nah, kalau bawang merah itu dkelola dengan inovasi lebih lanjut tentu akan menekan dampak kerugian itu. Termasuk dalam hal ini dijadikan bawang goreng, dibuat lebih awet dan kemudian dipasarkan di negara lain," ujar Jerry.

Jerry berharap petani atau pengrajin dan produsen di sector komoditas yang lain juga mengambil inspirasi dari ekspor bawang merah ini. Ia mencontohkan produk jengkol dan petai yang ternyata juga punya pasaran di luar negeri.

“Nah, kalau jengkol dan petai saja punya potensi ekspor, tentu komoditas yang lain seperti buah-buahan maupun kacang-kacangan dan lain-lain bisa juga diekspor. Kita pasti bantu dalam pembukaan akses pasar dan hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan lainnya.”

Wamendag menekankan pentingnya pendekatan budaya sebagai bagian dari perluasan perdagangan. Ia mencontohkan bagaimana Jepang dengan bangganya memasarkan teh ocha. Teh ini laku sekali di Indonesia meskipun Indonesia sendiri punya berbagai macam jenis teh yang lebih enak daripada teh ocha. Hal yang sama terjadi di sector makanan yang lebih berat seperti sushi.

“Dulu orang Indonesia merasa kurang sreg kalau harus menyantap sushi mengingat budaya Indonesia yang biasa memasak makanan sampai matang. Tetapi dengan pemasaran berbasis budaya, akhirnya sekarang kita juga jadi penikmat sushi. Nah dari situlah kita bisa memainkan produk-produk kita agar dengan mudah diterima oleh negara lain.” Imbuh mantan anggota Komisi I tersebut.

Baca Juga: Harga daging ayam, bawang merah dan gula masih tinggi di pasaran

Pendekatan inovasi yang komprehensif menjadi titik tekan Wamendag. Menurutnya pendekatannya bukan hanya dari segi teknis semata tetapi juga dari segi sosial dan budaya. Ia ingin produk-produk Indonesia bukan hanya dinilai dari rasa tetapi juga punya aspek sentuhan emosional tersendiri.

“Dengan sentuhan emosional itu, ada cerita dari setiap produk kita. Dan pada akhirnya akan timbul loyalitas untuk memakai produk Indonesia. Bukan hanya produk yang sudah mainstream di dunia internasional, tetapi juga produk-produk yang uni dan khas Indonesia.” Tambah Wamen milenial tersebut.

Pelepasan ekspor bawang merah goreng Indonesia dengan tujuan Malaysia dilakukan di halaman  parker Kementerian Perdagangan oleh Menteri Perdagangan. Hadir dalam kesempatan itu, Wamendag Jerry Sambuaga beserta para pejabat eselon 1 Kemendag. Mendag dalam sambutannya menyinggung perlunya peningkatan ekspor sebagai penopang ekonomi Indonesia selama dan pasca pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×