kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Viu gandeng Badan Ekonomi Kreatif kembangkan ekosistem film Indonesia


Senin, 25 Februari 2019 / 16:16 WIB
Viu gandeng Badan Ekonomi Kreatif kembangkan ekosistem film Indonesia


Reporter: Petrus Dabu | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Layanan video over-the-top (OTT), Viu, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf)) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengeksplorasi kolaborasi yang berfokus pada upaya untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem film Indonesia melalui inisiatif yang disebut Filmpreneur.

Kolaborasi ini akan diwujudkan melalui sinergi di beberapa program Viu, yang meliputi: Viu Pitching Forum (VPF), acara Viu tahunan di Indonesia, yang sekarang memasuki tahun ke-3, yang didedikasikan untuk memfasilitasi ide cerita dari para profesional perfilman Indonesia untuk diproduksi sebagai Viu Originals, yang kemudian akan dipamerkan di panggung global.

Ada juga Viu Shorts!, festival film pendek tahunan Viu yang merayakan semangat keberagaman Indonesia, yang difokuskan untuk mengarahkan minat dan bakat anak muda Indonesia ke arah bisnis perfilman sejak usia dini; dan, Bekraf, Akatara, sebuah kegiatan forum pembiayaan dan investasi untuk perfilman Indonesia berskala nasional.

Viu memiliki visi untuk memberdayakan dan mengembangkan ekosistem dan industri film Indonesia, yang dalam jangka panjang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Bekraf, dalam nada yang sama, memiliki visi untuk membangun ekosistem kreatif yang kuat. Berdasarkan visi bersama ini, Viu dan Bekraf telah mebangun mitra dalam inisiatif strategis Filmpreneur," ujar Nickhil Jakatdar, Founder and CEO of Vuclip, Senin (25/2).

Dengan VPF dan Viu Shorts!, Viu akan mendukung Akatara di Indonesia, dengan mensosialisasikan program Akatara dalam rangkaian kegiatan VPF, menghadirkan profesional perfilman internasional dari Viu ke Akatara untuk memberikan masterclasses dengan topik "Memproduksi Konten Lokal dengan Daya Tarik Internasional", menyelenggarakan VPF di Akatara, serta penayangan dan forum dialog profesional Viu Originals di Akatara.

Bekraf, melalui Akatara, akan mendukung VPF dan Viu Shorts! dengan memberikan sosialisasi VPF dalam kegiatan Akatara, membawa mentor dari BEKRAF ke VPF dan Viu Shorts! untuk memberikan workshop dengan topik "Membuat Film dengan Nilai-Nilai Komersial," serta menyediakan pemutaran dan dialog film hasil dari Akatara di VPF dan Viu Shorts!.

"Dalam upaya mendorong pembentukan ekosistem film Indonesia, Bekraf percaya bahwa kolaborasi dengan para pemimpin industri, seperti Viu, sangat penting. Program Viu sejalan dengan Akatara Bekraf.

Melalui Viu Pitching Forum dan Viu Shorts, Viu telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk mengembangkan ekosistem kreatif Indonesia dan memungkinkan anak-anak bangsa siap tampil dan bersaing di panggung internasional melalui platform dan jangkauan global mereka.

Dengan Visi sinergis untuk mengembangkan ekosistem film Indonesia, kami sangat senang dapat bermitra dengan Viu," ucap Kepala Bekraf, Triawan Munaf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×