kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,55   -16,97   -1.81%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksinasi dorong penguatan keyakinan konsumen akan ekonomi saat ini


Senin, 12 April 2021 / 10:24 WIB
Vaksinasi dorong penguatan keyakinan konsumen akan ekonomi saat ini
ILUSTRASI. Kepatuhan Masyarakat Kendalikan Pandemi: Pengunjung bermasker diperiksa suhu di sebuah pusat perbelanjaan


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik pada bulan Maret 2021. Ini terpantau dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini yang sebesar 72,6 atau naik dari 65,1.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan, menguatnya keyakinan konsumen akan kondisi ekonomi saat ini didorong oleh adanya program vaksinasi.

“Perkembangan program vaksinasi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 yang berjalan ancar turut mendorong penguatan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi,” ujar Erwin dalam laporan Survei Konsumen BI.

Erwin lalu memerinci, peningkatan IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang naik 11,8 poin menjadi 59,6.

Utamanya pada responden dengan tingkat pendidikan SLTA sampai dengan sarjana. Sementar adi sisi usia, kenaikan indeks terjadi pada seluruh kelompok usia responden.

Baca Juga: Tahun ini, industri AMDK optimistis catatkan pertumbuhan penjualan hingga 5%

Persepsi konsumen terhadap perbaikan penghasilan juga terpantau membaik. Terlihat dari Indeks Penghasilan Saat ini pada Maret 2021 yang naik 7,4 poin menjadi 78,2.

Peningkatan utamanya pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan. Ditinjau dari sisi usia, indeks penghasilan saat ini mengalami peningkatan pada mayoritas kategori usia, terutama pada responden rentang usia 31 tahun hingga 40 tahun.

Seiring dengan membaiknya keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada Maret 2021, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) juga membaik. Indeksnya naik 3,1 poin menjadi 80,0.

Kenaikan indeks terjadi pada sebagian besar kelompok pengeluaran, terutama responen dengan pengeluaran Rp 3,1 juta - Rp 4 juta per bulan.

Menurut kategori usia, keyakinan untuk membeli barang tahan lama meningkat pada responden berusia di atas 30 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×